10
3103

Kupas Tuntas Spesifikasi dan Fitur Skuter Listrik Viar Q1

GilaMotor.com – PT Triangle Motorindo (TM) selaku produsen Viar Motor Indonesia secara resmi menghadirkan sepeda motor ramah lingkungan Gilmoters. Sepeda motor yang diberi nama Viar Q1 ini merupakan hasil kerja sama perusahaan otomotif lokal tersebut dengan Bosch. Dipasarkan dengan harga Rp 16,2 juta, Viar Q1 diklaim mampu menjadi moda transportasi yang praktis, efisien dan ramah lingkungan.

Lantas spesifikasinya bagaimana Bang Gilmot? Tenang ini akan Bang Gilmot bahas. Yuk disimak.

Yang pertama akan Bang Gilmot bahas sudah tentu soal motor penggerak Viar Q1. Nah skuter listrik yang dirakit di Semarang, Jawa Tengah ini dibekali dengan e-Scooter driving system dari Bosch. Yang terdiri atas Electronic Control Unit (ECU) dan e-Motor.

Sementara untuk sumber tenaganya, Viar Q1 menggunakan baterai tipe lithium-Ion 60V 20Ah dengan daya sebesar 800 watt Gilmoters. Yang diklaim mampu berlari hingga kecepatan 60 km/jam serta dapat menempuh jarak hingga 60 km dengan sekali pengisian daya secara penuh. Dan  membutuhkan waktu sekitar 5-7 jam untuk melakukan pengisian daya hingga penuh.

“ECU Bosch diperkuat dengan teknologi intelligent recuperation yang melindungi baterai agar lebih awet, serta water protection hingga standard IPx4. Selain itu e-Motor Bosch yang menjadi penggerak Viar Q1 memiliki daya tahan tinggi dengan tingkat efisiensi mencapai 88 persen. Sehingga performa optimal tetap terjaga dan pemakain baterai lebih tahan lama,” ungkap President and Head of Business Unit e-Scooter, Bosch Automotive Products, Co., Ltd., Joerg Kretzschmar.

Dengan bobot hanya 78,5 kg, Viar Q1 menggunakan sasis berbahan baja yang dipadukan dengan suspensi depan tipe teleskopik dan double swing shock absorber di belakang. Viar Q1 pun makin imut dengan kombinasi ban berukuran 90/90 10 untuk depan dan belakang Gilmoters. Sayangya, karet bundar skuter listrik ini masih mengadopsi tipe  tube alias masih pakai ban dalam. Tapi soal keamanan, Viar Q1 tidak bisa diremehkan loh Gilmoters. Coba saja lihat tuh sistem pengeremannya yang sudah pakai disc di depan maupun belakang.

Kini giliran soal fitur yang Bang Gilmot bahas. Mengusung desain konsep Smart Urban Scooter, Viar  Q1 hadir dengan tampilan yang simpel namun modern. Yang dilengkapi dengan fitur multi fungsi seperti socket USB hingga bagasi dengan kapasitas besar . Selain itu, speedometernya juga keren loh Gilmoters, full digital dengan tampilan futuristik.

Spesifikasi Viar Q1

Max Power: 800 watts
Top Speed: 60 km/jam
Max Riding Range: 60 km
Charger Input: 220 Volt
Charger Power: 50 Hz
Battery: Lithium-Ion (60v20AH) free maintenance
Estimated Battery Life: 600-800 cycles
Max Capacity: 2 Kwh
Charge to 100%: 5-7 hours
Dimension: 1.680 mm x 690 mm x 1.220 mm (LxWxH)
Wheelbase: 1.060 mm
Ground Clearance: 155 mm
Weight: 78,5 kg
Frame: Steel
Front Suspension: Telescopic
Rear Suspension: Double Swing Shock Absorber
Front Tire: 90/90 10
Rear Tire: 90/90 10
Brakes: Hydrolic Disc Brake

10 COMMENTS