17
8631

Modifikasi Yamaha New V-Ixion Lighting : Operasi Plastik Biar Tambah Semok

GilaMotor.com – Operasi plastik belakangan ini umum dilakukan beberapa orang demi mendapatkan penampilan yang lebih sempurna. Bahkan kegiatan ini sudah menjadi tren di kalangan tertentu. Mereka rela merombak wajah maupun tubuhnya demi mendapat penampilan yang diidam-idamkan.

Namun ternyata operasi plastik atau rombak penampilan tidak hanya berlaku bagi kalangan manusia saja Gilmoters. Namun juga merambah ke dunia otomotif khususnya roda dua. Seperti yang terjadi pada Yamaha New V-Ixion Lighting yang satu ini.

Lantaran belum banyak pengguna Yamaha R15 di daerah rumahnya, Ryan Widodo bertekad untuk merubah wujud Yamaha New V-ixion Lighting kesayangannya supaya mirip dengan R15.

“Di daerah saya jarang yang pakai Yamaha R15, maka dari itu motor ini saya modifikasi menjadi Yamaha R15. Tapi dengan kaki-kaki yang lebih kekar.” ungkap pria yang berdomisili di Yogyakarta ini.

Demi mewujudkan keinginannya, Ryan lantas memboyong Yamaha New V-Ixion Lighting miliknya ke bengkel Locomotif Jajar. Gayung pun bersambut, bengkel yang berlokasi di bilangan Depok, Jawa Barat itu pun menerima dengan terbuka.

Nggak butuh waktu lama, Deni selaku pemilik Locomotif Jajar langsung menggarap sepeda motor sport 150 cc tersebut. Dan nggak tanggung-tanggung, selain memasang fairing R15. Untuk kaki-kakinya, Deni menjejali shockbreaker upside-down kepunyaan Yamaha R1 serta swing arm Yamaha R6 loh Gilmoters. Ngeri ngga tuh.

“Supaya kesan mogenya dapet, makanya kaki-kakinya pakai kepunyaan Yamaha R1. Lalu dipadukan dengan swing arm R6. Hasilnya kaki-kaki motor ini jadi lebih gagah dan kekar.” tukas Deni.

Ternyata, usut punya usut Deni punya alasan tersendiri soaln penggunaan suspensi upside-down R1 ini Gilmoters. “Upside-down kan sepaket sama sistem pengereman. Suspensi ini punya kaliper 12 piston yang membuat pengereman jadi lebih sempurna.”

Sementara untuk penggunaan swing arm Yamaha R6, Deni juga punya racikan khusus untuk setingannya Gilmoters. Pasalnya swing arm sepeda motor super sport 600 cc itu ngga gitu aja bisa terpasang di rangka V-Ixion.

“Gir depan dibuat dengan istilah gir gendong. Ini supaya posisinya lurus simetris dan saya membuat gir custom yang digendong dengan tebal 3,5 mm. Serta boshing pada bagian dalam gir agar dapat lebih keluar dan bisa lurus dengan gir belakang.” lanjutnya.

Meskipun tampak simpel soal pemasangan fairing R15, namun untuk memasangkan ke V-Ixion perlu ada penyesuaian pada rangka bawaan motor. Khususnya pada rangka bagian belakangnya Gilmoters. Dan untuk menunjang penampilan supaya makin gagah, pada rangka bawaan juga mendapat sentuhan modifikasi. Tepatnya pada deltabox yang diperlebar dan disetting ulang agar lebih presisi.

“Untuk rangkanya belakang terpakasa dibuat baru karena harus menyesuaikan bodi R15. Ini karena dudukan bodinya beda serta R15 punya buntut yang lebih nungging,” tutup Deni dengan senyuman. (Okz)

Data modifikasi :

  • Ban depan : Battlax 120/60-17
  • Ban belakang : Battlax 180/55-17
  • Pelek : Yamaha YZF R6
  • Upside down : Yamaha YZF R1
  • Swing arm : Yamaha YZF R6
  • Monoshock : Yamaha YZF R6
  • Knalpot : Custom
  • Setang : Yamaha YZF R1
  • Segitiga : Yamaha YZF R1
  • Bodi : Yamaha YZF R15

Locomotif Jajar
Jl Jati Jajar 1 RT 06 RW 03 No 46 Tapos, Depok-Jawa Barat
Tlp. 08176820332/089676798029

17 COMMENTS