17
17765

Modifikasi Yamaha V-Ixion Lighting : Mimpi Jadi Nyata

GilaMotor.com – Ngidam bagi wanita yang tengah hamil tentunya hal yang wajar. Para calon ibu ini berdalih hal itu merupakan keinginan si jabang bayi, sehingga mau tidak mau harus dituruti. Jika ngga , kabarnya bayi yang lahir akan ‘ileran’. Hal ini tentunya sangat diantisipasi khususnya bagi para suam dan mungkin Gilmoters salah satunya.

Namun ternyata ngidam ngga hanya dialami oleh para wanita yang tengah hamil loh Gilmoters. Seorang pria juga bisa ngidam. Ngga percaya? Ini buktinya.

Dialah Billy Sandy yang telah lama ngidam punya sepeda motor jenis supermoto. Setelah dikroscek ternyata impian punya tunggangan ampibi alias bisa di dua alam (aspal dan tanah) itu cukup beralasan Gilmoters. Yakni ingin punya sepeda motor yang bisa dipakai ngampus, ngemal dan ngga malu-maluin saat diajak adventure bareng teman-temannya. Dan untuk mewujudkan keinginannya itu, Billy merelakan salah satu sepeda motor kesayangannya untuk dijadikan modal memodifikasi Yamaha New V-Ixion Lighting ini Gilmoters.

Gilmoters pasti bertanya, kenapa ngga dijual dua-duanya aja buat beli supermoto yang sudah jadi?

“Kalau beli yang sudah jadi itu sudah biasa dan ngga ada seninya Bang. Jadi ya harus direlakan satu unit Suzuki Satria F150 untuk modal modifikasi.” ungkap Billy.

Bahan dan modal sudah ditangan, kini giliran mencari bengkel yang mumpuni untuk mewujudkan keinginan pria yang masih berstatus mahasiswa tersebut. “Awalnya saya kenal dengan pemilik SFS Bodywork itu lewat media sosial. Setelah melihat beberapa hasilnya, saya punmemutuskan untuk menyerahkan project ini ke bengkel tersebut.” lanjut Billy.

Bagi Eko selaku pemilik SFS Bodywork, project supermoto ini merupakan project nostalgia Gilmoters. Soalnya, Eko dahulunya merupakan crew dari Caos Custombike yang memang biasa menerima order modifikasi ala supermoto.

Meski demikian, pria murah senyum itu mengaku tetap menghadapi beberapa kendala selama proses pengerjaan. “Kalau dulu kan ngga terlalu memusingkan soal biaya dan part. Nah kalau disini sulit mencari part untuk modifikasi serta terbentur biaya dari pemilik.” papar Eko.

Buka lelaki namanya kalau ngga bisa menghadapi masalah. Untuk menyiasati keterbatasan part, Eko banyak memanfaatkan part bawaan sepeda motor 150 cc itu Gilmoters. Yang pertama dilakukan adalah mengganti suspensi depan orisinil dengan model upside-down lansiran Expedition.

“Penyesuaiannya ngga terlalu ribet, hanya di bagian atas komstir, bushing roda dan bracket kaliper. Untuk sudut komstirnya dimundurin sekitar 2 cm supaya posisi shock depan lebih tegah khas supermoto atau motor jenis trail,” jelasnya.

Guna mempertegas tampilan sepeda motor trail, sengaja dibuatkan rangka tambahan pada bagian bawah mesin. Selain itu juga ditambah pelindung mesin yang dikhususkan untuk Kawasaki KLX. Tangki standart Yamaha New V-Ixion Lighting lansiran 2014 ini juga diganti dengan tangki custom berbahan fiberglass. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan sistem injeksi serta menghemat biaya modifikasi. Dengan demikian, sepeda motor ini tetap mengandalkan fuel pum dan tutup tangki bawaannya. Dan untuk bodinya, dipilih bodikit Kawasaki KLX 150 BF.

Dan yang patut diacungi jempol adalah ada part yang merupakan barang bekas Gilmoters. “Swing arm dan monoshock aslinya tetap dipertahankan, namun disesuaikan tingginya supaya seimbang dengan bagian depan. Footstepnya pakai part variasi bekas yang dicustom, lalu knalpot menggunakan merk Nob1 yang sebelumnya sudah dipakai,” tutup Eko. (Okz)

Data Modifikasi Yamaha New V-Ixion Lighting :

  • Shock depan : Upside down Expedition
  • Headlamp : Custom
  • Pelek depan : Champ 2.50-17
  • Pelek belakang : Champ 3.50-17
  • Ban depan : FDR 110/70-17
  • Ban belakang : FDR 130/70-17
  • Kaliper depan : Suzuki Thunder 125
  • Tromol & cakram : Aftermarket KLX150
  • Body kit : Kawasaki KLX 150 BF
  • Knalpot : Nob1
  • Setang : Expedition
  • Gas spontan : ROZ
  • Saklar : ROZ
  • Gir & Rantai : SSS

SFS Bodywork
Jalan Rabaik Purba Gang Duku, Pematang Siantar- Sumatera Utara
081260253131

17 COMMENTS