8
3428

Indonesia Supermoto Championship 2017, Dua Dunia Balap Melebur Jadi Satu

GilaMotor.com – Mungkin banyak yang beranggapan kalau pamor kejuaraan balap garuk tanah di Indonesia ngga begitu cemerlang jika dibanding dengan kejuaraan balap road race. Anggapan ini nampaknya benar jika melihat antusiasme masyarakat Indonesia yang lebih tinggi pada kejuaraan balap aspal. Pun demikian dengan para promotor balap yang sepertinya lebih senang menggelar event balap road race.

Akan tetapi di penghujung Juli 2017, para penggemar motocross di tanah air mendapat angin segar dengan digelarnya Indonesia Supermoto Championship 2017. Lantas apakah yang mendasari pihak penyelenggara menggelar Indonesia Supermoto Championship 2017 ini?

“Secara pribadi saya ingin gap antara road race dengan motocross yang bagai langit dan bumi ini hilang. Dengan adanya kejuaraan ini, ada peluang untuk dapat menarik pemain garuk tanah ke kejuaraan supermoto. Karena kejuaraan ini seperti gabungan antara dua dunia, yakni road race dan motocross,” ungkap Event Director,Endiyatmo Widagdo.

Gayung pun bersambut Gilmoters. Pada seri perdana Indonesia Supermoto Championship 2017 yang ikut disponsori Evalube ini di Sentul Karting Circuit, Jawa Barat (22-23/7), sejumlah crosser tanah air pun berbondong-bondong untuk dapat berlaga di balapan yang punya dua karakter lintasan ini Gilmoters.

“Para starter didominasi oleh crosser, dengan persentase sekitar 90 persen. Sedikitnya pembalap road race yang turut serta kemungkinan dikarenakan adanya kontrak dengan pabrikan. Ditambah balapan seperti ini kan resikonya cukup besar, apalagi dengan adanya jalur offroad,” lanjutnya.

Pada Indonesia Supermoto Championship 2017 ini pihak penyelenggara memperlombakan delapan kelas yang dibagi menjadi beberapa kategori. Yang pertama adalah kategori Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang terdiri dari kelas SM 250 Pro, SM Open Pro dan SM ProStock 175 Prospeed. Sedangkan untuk kategori supporting class terdiri dari SM Enduro, SM Superstock Open Pro & SM Superstock Komunitas, SM Open Veteran, SM Lite 150 Komunitas dan SM Prostock 175 Komunitas.(okz)

8 COMMENTS