Moge Honda CBR1000RR Fireblade
8
1611

Moge Honda CBR1000RR Fireblade 2017 Jalani “Diet” Ketat

GilaMotor.com – Sejak pertama kali diluncurkan, moge Honda CBR1000RR yang merupakan model tertinggi di kelas sport milik Honda dari tahun ke tahun terus berkembang Gilmoters. Nah memasuki generasi ke-13, Honda CBR1000RR mendapat pengembangan yang cukup signifikan Gilmoters. Baik dari segi teknologi hingga fitur-fitur dari salah satu moge Honda ini.

Dan kali ini Bang Gilmot akan mengulas mengenai salah satu pengembangan yang dilakukan Honda terhadap CBR1000RR Fireblade 2017, yakni dari segi bobot. Yang dimana versi terbaru yang dibanderol dengan harga setengah miliar ini lebih ringan daripada versi sebelumnya Gilmoters.

Baca juga:

Seperti yang diungkapkan oleh Sarwono Edhi selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), “Honda CBR1000RR versi baru ini lebih ringan 15 kilogram dari versi sebelumnya. Jika versi sebelumnya punya bobot 210 kilogram, yang ini hanya 195 kilogram.”

Penurunan berat ini bukan karena Honda CBR1000RR versi teranyar ini mengikuti program diet ala-ala artis tanah air loh Gilmoters. Reduksi bobot yang cukup signifikan ini berkat beberapa komponen baru yang ada di sekujur tubuh CBR1000RR Fireblade ini.

Mulai dari frame serta swing arm moge Honda ini yang sekaran lebih ringan 300 gram, seat rail 800 gram, pelek dikurangi 100 gram hingga lampu-lampu LED baru yang beratnya disunat hingga 670 gram.

Knalpot berbahan titanium pun sukses mereduksi bobot hingga 2,8 kg. Selain itu penggunaan material magnesium menjadikan engine cover lebih ringan 2 kg Gilmoters. Sistem rem Anti-lock Brake System (ABS) baru juga diklaim lebih ringan 3 kg. Plus beberapa part seperti kopling, transmisi dan radiator baru pun menyumbang pemangkasan bobot hingga 1,5 kg.

Pengurangan bobot ini tentunya berimbas pada performa CBR1000RR Fireblade terbaru Gilmoters. Pihak Honda pun mengklaim jika reduksi bobot ini sukses meningkatkan angka power to weight ratio hingga 14 persen dari versi sebelumnya.(okz)

8 COMMENTS