8
2970

Perang Moge Jepang Berkonsep Retro

GilaMotor.com – Gilmoters termasuk orang yang doyan segala sesuatu dengan nuansa klasik atau retro? Termasuk motor tentunya. Kalau begitu pasti Gilmoters sudah sering mondar-mandir ke bengkel custom dong buat modif motornya biar terlihat retro. Memang sih, gaya retro itu nggak ngebosenin alias abadi. Setuju nggak? Mengingat lezatnya market retro, pabrikan motor sekarang berlomba-lomba buat mengeluarkan motor-motor bergaya retro. Jika sebelumnya segmen ini dikuasai sama manufaktur Eropa, maka belakangan pabrikan motor Negeri Sakura juga nggak mau kalah. Nah, Bang Gilmot coba beberin beberapa motor yang bakal tempur di segmen retro ya Gilmoters. Cekidot!

Yamaha XSR700 & XSR900

Kalau BMW punya R nineT yang digadang sebagai kanvas kosongnya para penggiat custom, maka tim garputala mengandalkan XSR700 dan XSR900 buat diacak-acak. Menurut Yamaha, motor ini memadankan antara pakem desain neo-retro dengan teknologi modern dan diperuntukkan bagi riders yang menginginkan motor otentik dengan performa menakjubkan. Terinspirasi dari Yamaha XS yang legendaris, Yamaha XSR900 mengadopsi lumbung pacu tiga silinder 847cc DOHC bawaan Yamaha FZ-09. Sementara pada Yamaha XCR700 terpasang mesin G-438318

Suzuki SV650X

Digadang mengusung konsep neo-retro, motor yang pernah muncul di Tokyo Motor Show 2016 sebagai Suzuki SV650 Rally concept ini didesain untuk mengenang reli motor dan mobil di atas tarmac alias aspal pada era 70-an. Konsep neo-retronya sendiri tersirat lewat penggunaan fairing bergaya bikini, screen gelap, fog lamp hingga setang clip-on yang semuanya tersedia sebagai aksesoris asli Suzuki SV650X. Dan setelah tampil di TMS tahun ini, pihak Suzuki merencanakan untuk mengumumkan kehadirannya di akhir 2017.

Kawasaki Z900RS

Melantai di Tokyo Motor Show 2017, Kawasaki Z900RS diproyeksikan sebagai calon penjegal BMW R nineT dan Yamaha XSR900. Tampilan retronya terpengaruh desain legendaris motor ikonik Kawasaki Z1 Super Four 900. Nggak cuma baju anyar, Kawasaki juga telah menyiapkan desain rangka baru untuk mengakomodir penggunaan tangki bensin anyar sekaligus menciptakan posisi riding yang lebih nyaman. Urusan mesin dipercayakan pada lumbung pacu empat silinder segaris berkapasitas 948cc dengan tenaga puncak 111 hp.

Honda Neo Sports Cafe

Calon jagoan anyar Honda ini punya nama Honda Neo Sports Cafe. Kalau dulunya sih disematkan nama Honda Project N.S.C. Sama kayak Kawasaki Z900RS, motor ini dikenalkan di perhelatan Tokyo Motor Show 2017 dan punya desain clean. Simak saja rancangan bodynya Gilmoters. Belum lagi panel instrumen yang simpel dengan pendaran lampu LED plus headlight yang bulat. Retro banget! Banyak yang memprediksi kalau Neo Sports Cafe bakal dibekali sama mesin 998cc. Kalau Gilmoters penasaran, Bang Gilmot bakal kasih kisah selanjutnya dari EICMA 2017 yang bakal berlangsung di kota Milan, Italia, 6 November mendatang.