5
7282

Honda CT50 Motra: Truknya Motor

GilaMotor.com – Motor apa truk nih? Itu yang terlintas di kepala Bang Gilmot waktu menyimak langsung tampilan dari motor yang menurut bang Gilmot punya gaya laksana truk ini. Bagaimana tidak? Desainnya yang kaku dan cenderung boxy namun dibekali dengan pipa-pipa bulat plus ban dengan profil kasar terlihat kontras dimensinya yang kompak dan warnanya yang mencolok. Well, mungkin begini jadinya jika produsen truk mainan legendaris bernama Tonka Toys memproduksi sepeda motor. Gilmoters, inilah Honda CT50 Motra.

Motor yang hanya diproduksi Honda selama dua tahun (1982-1983) dan digadang sebagai heavy-duty recreational motorcycle. Apa? Heavy-duty? Berarti bisa diajak bekerja keras layaknya truk dong? Ah, Bang Gilmot tambah bingung nih. Bahkan beberapa sumber yang Bang Gilmot baca ada yang menyebutkan bahwa penamaan Motra diambil dari kata motorcycle dan torakku (bahasa Jepangnya truk). Beruntung Bang Gilmot bisa menjumpai motor ini di pojok bengkelnya Gearhead Monkey Garage. Itu tuh, bengkel yang kerap menyulap muscle car dan moge yang berlokasi di Jakarta Selatan.

Walau bentuknya mini dengan panjang hanya semeter lebih 12 cm, namun desainnya terlihat eye catchy dan mampu membuat minibike dieharder jatuh cinta. Apalagi rancangan body Honda Motra yang kotak kian gagah dengan frame tubular yang strukturnya menyatu dengan rak gambot di depan dan belakang. Pas deh buat bawa barang-barang yang dimensinya besar dan bobot yang berat sekaligus melaju di medan seperti pasir dan tanah. Lah kok? Pasti Gilmoters bingung deh. Bagaimana bisa motor kate ini bawa barang yang berat-berat?

Ini jawabannya. Kendati hanya dibekali dengan mesin OHC dengan kubikasi 49cc yang sanggup menggelontorkan tenaga hingga 4,5 dk, namun Honda Motra dipersenjatai dengan sistem transmisi yang mumpuni nih Gilmoters. Gigi semi otomatisnya sih memang cuma tiga yang berfungsi seperti gigi di motor bebek, namun punya dua stage. High Gear untuk jalan biasa dan Low Gear untuk torsi yang melimpah. Cara mengoperasikannya juga sangat mudah. Tinggal menggeser tuas tambahan yang posisinya ada di kaki sebelah kiri ke atas untuk High Gear dan ke bawah untuk Low Gear.

Jangan takut motor bakal selip dan motor terantuk batu Gilmoters. Pasalnya Honda Motra telah dibekali dengan ban pacul berdimensi 5.4-10 di depan dan belakang plus sistem suspensi adjustable. Proses kerjanya bisa diaktifkan dengan menggeser tuas di bawah jok sebelah kanan untuk mengatur rebound suspensi. Gampang kan?

Soal riding experiencenya jangan dibandingkan dengan motor biasa ya Gilmoters, motor bebek sekalipun. Soalnya mesin Honda Motra kan kecil. Namun keunikan dari motor ini justru pada dimensi dan desain yang berbeda dibanding motor lainnya. Jadi menurut Bang Gilmot momen serunya itu saat mata pengendara motor lain melotot pertanda heran. Istilah kerennya neck breaker. Nggak ada bikers yang nggak menoleh waktu Bang Gilmot riding pakai motor ini. Heheheee..

  • Honda CT50 Motra

5 COMMENTS