5
6996

Jika Tidak Perhatikan Perhatikan Hal Ini, Pemilik Motor Trail Bakal Tanggung Sendiri Akibatnya

GilaMotor.com – Layaknya pasangan, sepeda motor juga layak mendapat loh Gilmoters. Sudah barang tentu harus mendapat perhatian ekstra dari si empunya. Nggak lain nggak bukan demi kenyamanan dan keamanan Gilmoters sendiri dalam berkendara.

Nah kali ini Bang Gilmot mau membahas mengenai sepeda motor jenis off road atau trail nih Gilmoters. Ternyata sepeda motor dua alam ini punya beberapa faktor penting yang harus Gilmoters perhatikan. Terlebih sepeda motor jenis ini kerap melahap medan-medan yang cukup berat.

Menurut Agung Sugiono selaku Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), faktor terpenting bagi sepeda motor trail adalah pelumas mesin. “Untuk sepeda motor trail itu kan berbeda dengan sepeda motor on road harian. Kalau trail (off road) otomatis pengendara akan banyak sekali narik gas. Ketika menarik gas tersebut akan timbul traksi putaran dan tenaga. Sehingga oli sangat penting untuk melumasi mesin.”

Pria yang Bang Gilmot temui di sela-sela launching regional All New Honda CRF150L di Banjar, Jawa Barat itu juga menambahkan. Jika durasi penggantian oli untuk sepeda motor ini juga lebih pendek. Sebelum dipakai berpetualang, pemilik harus mengecek kondisi oli, volume oli tidak boleh kurang.” jelasnya

Selain pelumas mesin, Gilmoters pemilik sepeda motor trail juga harus memperhatikan slider rantai. Kerena komponen ini ngga kalah krusial dengan pelumas mesin. Lantaran memiliki tugas yang sangat penting, apalagi jika Gilmoters doyan melakukan adventure trail.

“Walaupun kerap diperhatikan, slider rantai itu sangat penting. Karena dapat membersihkan kotoran yang menempel pada rantai ketika melalui jalan berlumpur. Selain itu juga berfungsi untuk menjaga rantai tetap berada di jalurnya. Jadi fungsinya bukan sebagai penegang rantai. Slider ini juga punya batas service, tapi masih aman jika tidak pecah atau rusa,” tutup pria ramah tersebut. (Okz)