MotoGP Buka Kelas Motor Listrik pada 2019
5
1975

MotoGP Buka Kelas Motor Listrik pada 2019

GilaMotor.com – Pada 2019 nanti kejuaraan MotoGP bakal memiliki kelas baru. Untuk pertama kalinya MotoGP akan menggelar kelas motor listrik. Produsen motor listrik asal Italia, Energica, menjadi satu-satunya penyulai motor listrik untuk tim yang ikut balapan. Energica menyuplai motor siap balap yang dibuat dari model hot rod Ego.

Selama ini daya tahan baterai dan bobot motor yang terhitung berat menjadi penghalang motor listrik dipakai balapan. Namun, tampaknya Dorna dan produsen sudah menemukan jalan keluarnya. Sebagai bagian dari persiapan, Dorna dikabarkan akan membangun sarana pengisian baterai yang memanfaatkan sinar matahari.

(Baca juga: Gambaran Peluang Motor Listrik Masuk MotoGP)

Mengutip RideApart.com, kapasitas baterai Energica Ego saat ini adalah 11,7 kWh. Kapasitas itu dinilai mencukupi untuk balapan singkat. Sementara dengan top speed 241 km perjam, Ego hanya butuh sedikit sentuhan untuk menandingi performa motor-motor di kelas primer MotoGP saat ini.

Lalu, apakah adanya kelas motor listik ini akan menyaingi daya tarik kelas-kelas utama yang telah ada sekarang? Di mata penonton mungkin balapan kelas lainnya yang menggunakan motor mesin bensin akan tetap lebih menarik. Apalagi kalau menyinggung soal suara. Karena motor yang akan bertarung di kelas ini (kemugkinan namanya Moto-e) hampir sama sekali tak bersuara.

Namun, lain halnya kalau bicara performa. Karakter mesin motor listik yang mengeluarkan torsi secara instan pastinya bisa menjadi suguhan tersendiri ketika di lintasan. Belum lagi dari aspek pengembangan teknologi lainnya yang bisa mendongkrak performa motor secara keseluruhan. Ditambah lagi balapan motor listrik bisa dipastikan lebih ramah linkungan.