4
981

Ini Fitur Penunjang Keamanan di Honda CRF150L Buat Para Pecinta Garuk Tanah

GilaMotor.com – Dalam dunia garuk tanah hal yang paling utama adalah soal keselamatan. Nggak hanya sekedar penggunaan riding gear lengkap, fitur dari sepeda motor juga ambil bagian dalam urusan keamanan si pengendara. Untuk itulah pabrikan sepeda motor berlomba untuk meningkatkan fitur keamanan pada produknya, nggak terkecuali bagi PT Astra Honda Motor (AHM).

Pabrikan sayap tunggal itu menyematkan fitur Bank Angle Sensor (BAS) di Honda CRF150L. Fitur yang bertugas untuk memutus aliran bahan bakar dan mematikan sistem pengapian ini diklaim mampu meningkatkan faktor keselamatan ketika Honda CRF150L terjatuh.

Fitur ini menjawab masalah yang kerap terjadi di kegiatan off-road yakni kebocoran bahan bakar ataupun roda yang terus berputar saat motor terjatuh. Hal ini tentunya sangat membahayakan si pengendara itu sendiri. Bahkan pada beberapa kejadian ada sepeda motor yang terjatuh lalu terbakar lantaran mengalami kebocoran bahan bakar.

“BAS itu hidup saat motor terjatuh atau miring 55 derajat selama lima detik, mesin akan otomatis mati. Fungsinya untuk memutus sistem kelistrikan dan suplai bahan bakar,” ungkap Agung Sugihono, Training Fasilitator PT Daya Adicipta Motora (DAM).

Pria yang akrab disapa Agung itu juga menambahkan jika Honda CRF150L terjatuh, mesin nggak akan bisa dihidupkan. Baik dihidupkan menggunakan electric starter maupun kick starter.

“Kalau mau dihidupkan lagi cukup memutar kunci ke posisi off, setelah itu baru distarter. Kalau nggak dimatikan, dipastikan motor nggak akan mau hidup,” tutupnya. (Okz)

4 COMMENTS