5
2322

Mau Dapat SIM Dengan Mudah? Ini Caranya

GilaMotor.com – Nggak sedikit orang yang beranggapan bahwa untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan hal yang sulit. Lantaran dalam menjalani serangkaian tes permohonan pembuatan SIM, masyarakat kerap mengalami kesulitan. Mungkin termasuk Gilmoters.

Namun hal tersebut nggak sepenuhnya benar kok Gilmoters. Menurut Kompol Fahri Siregar selaku Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya ujian SIM itu ngga terlalu sulit kok. Bahkan menurutnya ujian mendapatkan SIM sama halnya dengan ujian sekolah.

“Jadi kalau mau menghadapi ujian, yang harus dilakukan adalah belajar dan berlatih. Belajarnya mengenai peraturan undang-undang dan tentang lalu lintas jalan,” katanya.

Dan untuk mendapatkan materi pembelajaran tersebut nggak sulit kok. Gilmoters bisa mengunjungi situs resmi korlantas Polri atau bisa belajar lewat buku-buku tentang aturan lalu lintas. “Pengendara juga bisa belajar dari soal-soal yang sudah kami bukukan di perpustakaan Pojok Baca di Satpas Polda Metro Jaya. Ini untuk ujian teorinya,” lanjut Kompol Fahri.

Lantas bagaimana dengan ujian praktek saat permohonan pembuatan SIM, Bang Gilmot? Tenang, tips untuk lulus ujian praktek SIM juga akan dijabarkan secara gamblang kok.

“Untuk yang belum pernah ujian sama sekali bisa melihat di situs resmi kami atau buku peraturan Kapolri no. 9 tahun 2012. Disitu ada materi ujian praktek. Selain itu pengendara juga diperbolehkan latihan sendiri di Satpas Daan Mogot pada hari Minggu yang dimulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB, dengan membawa sepeda motor sendiri,” tutupnya.

5 COMMENTS