2
4713

4 Motor yang Biasa Jadi Bahan Modifikasi Motor Trail

GilaMotor.com – Gilmoters, Modifikasi motor trail jamak dilakukan oleh para penggemar off-road atau adventure. Mereka mengubah motor yang pada dasarnya punya habitat di jalan raya menjadi sebuah mesin penggaruk tanah. Cara ini menjadi alternatif ketimbang harus meminang motor trail keluaran pabrikan.

Dengan kapabilitasnya melintasi beragam medan jalan, motor trail memang cukup menggoda di mata penggemar off-road. Beberapa ciri yang bisa dilihat dari motor trail antara lain ground clearance jangkung.

Hal tersebut sekaligus membuat tampilannya terlihat gagah. Selain itu, penggunaan ban pacul juga wajib hukumnya agar motor tetap mendapatkan traksi di medan jalan tanah.

Kini, di pasaran beredar sejumlah produk motor trail keluaran pabrikan seperti seri-seri Kawasaki KLX ataupun Honda CRF.

Meski demikian, tak jarang ikut kelihatan motor trail hasil modifikasi dari motor jalanan di beragam kegiatan-kegiatan off-road. Nah, bagi Anda yang juga berniat melakukan modifikasi motor trail, ada beberapa tipe yang bisa dipertimbangkan sebagai bahannya.

modifikasi motor trail

1. Kawasaki Ninja R (2-Tak)

Dalam dunia off-road, torsi memegang peran penting terkiat performa motor. Karena alasan torsi besar itu maka jangan aneh apabila melihat motor-motor sport 2-tak disulap menjadi motor trail.

Mesin 150cc Kawasaki Ninja R yang dalam kondisi sehat punya torsi mencapai 21,6 Nm cukup jadi idaman. Sebagai pembanding, torsi sebesar itu kini kebanyakan hanya milik motor-motor 250cc dua silinder.

modifikasi motor trail 2018

2. Suzuki Satria 120S (2-Tak)

Bukan hanya motor sport yang kerap menjadi bahan modifikasi motor trail. Tak jarang motor bebek juga kena rombak modifikator, salah satunya adalah Suzuki Satria 120S.

Suzuki Satria 120S bukanlah bebek sembarangan karena terkenal punya mesin yang kencang. Generasi pertama keluarga Suzuki Satria ini pantas dipertimbangkan sebagai bahan mengingat harga seken yang relatif terjangkau.

modifikasi motor trail suzuki satria

3. Yamaha Scorpio

Yamaha Scorpio menjadi salah satu primadona para custom builder ataupun modifikator. Untuk diubah menjadi motor trail, Yamaha Scorpio punya rangka yang cukup mendukung.

Selain itu, Yamaha Scorpio juga memiliki mesin yang relatif bertenaga, yaitu ruang bakar berkapasitas 220cc. Yamaha Scorpio bisa menjadi pilihan bahan modifikasi motor trail bagi Anda yang lebih suka merawat motor 4-tak.

modifikasi motor trail yamaha scorpio

4. Yamaha X-Ride

Dari kategori skutik, Yamaha X-Ride hadir dengan rancangan bernuansa off-road. Bermodal hal itu, skutik 110cc ini punya potensi untuk dirombak lebih ekstrem menjadi motor penggaruk tanah yang lebih tangguh. (MDP)