Ali Adriansyah Rusminputro
0
3575

Ali Adriansyah Petik Poin di WSSP 300 Assen

GilaMotor.com – Ali Adriansyah Rusminputro membuktikan performanya dalam balapan World Supersport (WSSP) 300 di Assen, Belanda. Start dari posisi 26, pebalap di bawah manajemen Mahkota Rusmindo International itu berhasil finish dengan poin di posisi 13.

Kendala yang kerap mengganjalnya pada dua balapan sebelumnya tidak membuat semangat Ali Adriansyah mengendur. Ia tetap optimistis saat menjejakkan kakinya di Sirkuit TT Assen, Belanda.

(Baca juga: Kiprah Pembalap AHRS di Thailand Talent Cup 2018)

Demikian juga ketika shifter pada Yamaha YZF-R3 miliknya mengalami kerusakan hingga membuatnya gagal mencatat waktu lebih baik di free practice pertama. Di sesi kualifikasi, lajunya terhadang pebalap yang melambat, padahal ketika itu ia tengah melakukan hot lap yang bagus.

Jika saja tidak ada gangguan tersebut, bukan tidak mungkin catatan waktunya mampu bertengger di posisi 15 besar.

Ali Adriansyah Rusminputro

Saat balapan, Ali Adriansyah langsung menggbrak begitu lampu hijau menyala. Bahkan, dirinya berhasil menyodol hingga posisi enam di putaran kedua. Di situ ia terlihat bertarung dengan pembalap KTM dan Kawasaki.

“Kita harus ambil angin dari pebalap Kawasaki dan KTM,” ucap Ali Adriansyah tentang strategi yang ia jalani. “Kita harus mati-matian mengejar di tikungan, mengerem lebih akhir dan membuka gas lebih awal,” tambahnya.

Pertarungan yang keras ditambah trek yang begitu menguras tenaga membuat beberapa pebalap kehilangan fokus. Salah satu ialah Koen Mueffels yang terjatuh di lap 11. Padahal saat itu ia tengah memimpin lomba.

Ali Adriansyah sendiri melakukan pertarungan hebat dengan Max Kappler, penunggang KTM RC390. Sejak lap 1 hingga akhir lomba di lap 12 mereka berdua terus bertukar posisi. Tak jauh dari mereka berdua ada Marc Luna Bayen yang mengendarai Kawasaki Ninja 400 terus membuntuti.

Persaingan antara Ali Adriansyah dengan Max Kappler benar-benar ketat. Saat menyentuh garis finish jarak keduanya hanya dipisahkan oleh 0,08 detik saja.

Ali Adriansyah Rusminputro

Meski bisa finish dengan poin, Ali Adriansyah mengaku ia tetap harus meningkatkan kemampuan membalapnya dan settingan sepeda motornya.

Tidak hanya untuk Ali Adriansyah, hasil di Sirkuit Assen ini juga memberi semangat kepada tim Yamaha MS Racing. Pasalnya keempat pebalap mereka mampu pulang membawa point sekaligus menyaingi keperkasaan para pebalap Kawasaki dan KTM.

“Tim punya empat pebalap kompak. Tidak hanya di sirkuit, kami juga kompak di luar sirkuit,” ujar Ali Adriansyah.

Pada 11 Mei 2018, World Supersport 300 (WSSP300) akan bertandang ke Sirkuit Imola, Italia untuk menjalani putaran ketiga. Dan tentu saja Ali Adriansyah semakin optmistis menatap balapan di sirkuit legendaris itu.