2
4328

Berita Otomotif Motor Terbaru – Ini Alasan All New Honda Vario Terbaru Tanpa Kick Starter

Gilamotor.com – PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan model terbaru dari All New Honda Vario 125 dan 150 beberapa waktu lalu. Kedua model yang menjadi salah satu andalan PT AHM untuk bertarung di pasar skuter matik tanah air ini mendapat berbagai penyegaran, Gilmoters. Sayang, salah satu fitur yang cukup familiar yakni kick starter justru dihilangkan dari dua skutik ini.

Hal tersebut tentunya menjadi tanda tanya besar bagi sebagian orang termasuk Bang Gilmot. Terlebih fitur kick starter alias engkol ini cukup krusial bagi pengendara sepeda motor sebagai solusi menyalakan mesin jika aki tidak bekerja dengan semestinya.

(Baca Juga : Fitur dan Spesifikasi All Neh Honda Vario Terbaru)

Menurut Shigeto Kimura selaku Marketing Director PT AHM mengatakan jika keputusan untuk menghilangkan fitur kick starter ini lantaran jarang terpakai oleh para konsumennya, Gilmoters. “Berdasarkan survei yang kami lakukan, ternyata jarang sekali konsumen yang menggunakan kick starter. Dengan demikian All New Honda Vario ini fungsi kick starternya kami hilangkan,”

Walaupun nggak lagi punya fitur kick starter namun Shigeto mengatakan jika pengguna All New Honda Vario 125 maupun 150 terbaru nggak perlu khawatir. Karena kini Honda membekali instrumen cluster dengan voltage indicator untuk mengetahui kondisi aki.

“Indikator ini akan menjadi rujukan apakah aki sehat atau tidak. Jika tegangannya sudah di bawah standar maka sebaiknya dilakukan tindakan,” lanjutnya.

Setali tiga uang dengan Shigeto, Toshiyuki Inuma selaku President Director PT AHM juga mengatakan jika saat ini penggunaan kick starter sudah nggak terlalu diperlukan. Bahkan tren kekinian justru menanggalkan fitur kick starter ini loh Gilmoters.

“Tren seperti ini pertama kali terjadi di Vietnam tahun lalu. Maka dari itu kami juga mencobanya di Indonesia,” pungkas Inuma.

Disamping alasan di atas, ternyata ada alasan lain yang menjadikan pihak PT AHM menghilangkan fitur kick starter ini Gilmoters. Khususnya di All New Honda Vario 150.

“All New Honda Vario 150 sudah menggunakan keyless, untuk itu harus ada penyesuaian aki dan routing kabel untuk kabel-kabelnya. Jadi itu sebabnya fitur kick starter dihilangkan,” tutup Large Project Honda R&D Center, Ryoji Imai. (okz)