Yamaha Xabre
0
3657

Empat Hal Yang Wajib Diperhatikan Pemilik Motor Kopling

Gilamotor.com – Gilmoters merupakan salah satu pemilik sepeda motor yang bertransmisi manual kopling? Jika iya ada beberapa hal penting yang mau Bang Gilmot beritahu nih, khususnya dalam hal merawat sepeda motor kopling. Karena ternyata masih ada yang kurang paham cara merawat motor kopling tersebut.

Berikut empat hal yang mesti diperhatikan para pemilik sepeda motor kopling :

  1. Rutin mengganti oli mesin

Pelumas atau oli adalah hal yang sangat vital dalam proses bekerjanya sebuah mesin sepeda motor. Karena oli memberikan lapisan dalam mesin saat mesin itu bekerja, sehingga membuat kinerja mesin semakin halus dan nggak cepat panas.

Dan untuk merawat sepeda motor kopling, Gilmoters harus rutin mengganti oli mesin ini. Biasanya penggantian oli dilakukan pada 2 ribu kilometer perjalanan. Jadi jangan malas-malas ganti oli kalau mau performa motor Gilmoters tetap prima.

(Baca Juga : Tutorial Cara Menggendarai Motor Kopling)

  1. Cek kampas kopling

Selain rutin ganti oli mesin, Gilmoters juga kudu wajib mesti harus melakukan pengecekan kampas kopling sepeda motor kesayangan. Lantaran kampas kopling yang bermasalah dapat mengganggu kinerja mesin saat bekerja, khususnya saat melakukan langkah perubahan gigi. Nggak mau kan saat oper gigi, motor malah jadi tersendat. Jadi, jika kampas kopling sudah aus atau terkikis, segeralah menggantnya.

  1. Bersihkan kabel kopling

Gilmoters pasti pernah kan mengalami tarikan kopling terasa berat. Ini lumrah terjadi di sepeda motor kopling karena kabel kopling kering atau kotor akibat karat atau kotoran. Nah untuk mengatasi hal ini ada baiknya Gilmoters menuangkan sedikit pelumas anti karat ke dalam kabel lewat tuas handle kopling.

Foto : AHM
  1. Kualitas bahan bakar

Selain ketiga hal di atas, kualitas bahan bakar juga nggak kalah penting dalam merawat sepeda motor kopling. Bahan bakar dengan oktan tinggi dianjurkan untuk digunakan. Tapi perlu diingat bahwa nggak semua sepeda motor disarankan menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi. Karena beresiko mesin cepat panas.

Namun, motor kopling keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan cairan pendingin sehingga panas mesin karena pembakaran sudah tidak lagi menjadi masalah. (okz)