0
327

Pemudik Motor Dapat Atensi Khusus Dari Kemenhub

Gilamotor.com – Tahun ini Kementrian Pehubungan (Kemenhub) memberikan perhatian khusus bagi para pemudik sepeda motor, Gilmoters. Hal ini dikarenakan angka kecelakaan terbesar di jalan raya menimpa para pengendara sepeda motor.

“Sepeda motor ini penyebab kecelakaan terbesar. Sekitar 70 persen kecelakaan itu karena sepeda motor,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dikutip NTMC Polri.

(Baca Juga : AHM Buka Pendaftaran Mudik Bareng Honda 2018)

Tanpa membatasi hak asasi berkendara, Menhub meminta pada saat mudik nanti masyarakat beralih dari motor ke kendaraan umum. “Lebih-lebih kami juga telah sediakan fasilitas angkutan-angkutan mudik gratis,”

Budi Karya juga memberi saran kepada para pemudik untuk nggak menggunakan sepeda motor. Serta memberikan moda transportasi alternatif bagi para pemudik yakni dengan menggunakan jalur udara. Terlebih berdasarkan data arus mudik tahun lalu, jalur udara dapat mewakili tujuh juta penumpang dengan pertumbuhan 7-9 persen.

“Kita harus pertahankan. Kita harapkan (jalur udara) dapat mengcover jumlah penumpang yang lebih banyak,” jelas dia.

Selain jalur udara, Kemenhub juga mendorong mudik melalui jalur laut. “Kita coba untuk Jakarta-Semarang kapal gratis bagi orang dan motor untuk mudik tahun ini,” tutup Budi Karya. (okz)