1
43199

Tips Rawat Sepeda Motor Matik Injeksi

Gilamotor.com – Siapa bilang sepeda motor produksi terbaru yang sudah mengadopsi sistem injeksi untuk suplai bahan bakar nggak perlu dirawat? Ini merupakan pernyataan yang salah, Gilmoters. Pasalnya sepeda motor injeksi khususnya skuter matik (skutik) juga butuh perawatan supaya performanya tetap maksimal.

Terlebih perawatan skutik injeksi bisa dibilang gampang-gampang susah. Sehingga, Gilmoters harus punya pengetahuan dan sedikit telaten untuk merawat sepeda motor matik kekinian tersebut. Ada beberapa hal yang dapat Gilmoters lakukan untuk merawat skutik kesayangan.

(Baca Juga : Empat Hal Yang Mesti Diperhatikan Pemilik Motor Kopling)

Nah berikut adalah tips merawat sepeda motor matik injeksi :

  1. Gunakan bahan bakar beroktan tinggi

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bahan bakar beroktan tinggi diklaim memiliki kandungan timbal yang sedikit. Selain itu bahan bakar ini juga diklaim dapat melakukan pembakaran lebih sempurna. Sehingga penggunaan bahan bakar beroktan tinggi sangat disarankan untuk skutik injeksi kesayangan Gilmoters.

  1. Jangan sampai kehabisan bahan bakar

Kadang pengguna sepeda motor menganggap hal ini sepele. Padahal jika kehabisan bahan bakar, suplai bahan bakar ke injektor menjadi terganggu. Apalagi injektor bekerja bekerja jika kondisi suplai bahan bakar yang cukup. Oleh karena itu, nggak jarang ketika ada motor injeksi kerap kehabisan bahan bakar, injektornya jadi rusak dan mesin dapat mati sewaktu-waktu.

  1. Cek sistem pengapian

Teknologi hemat bahan bakar Fuel Injection ini mengandalkan teknologi komputer sehingga membutuhkan kelistrikan yang stabil. Jika kelistrikan dalam sepeda motor bermasalah, kinerja dari injektor akan terkendala hingga tidak berfungsi sama sekali.

Test-Ride-Selis-Boxon-3

Kelistrikan utama untuk motor matic berteknologi FI berasal dari aki. Agar pengapian dari aki tetap stabil, lalukanlah pengecekan rutin. Jangan sampai karena jarang perawatan aki jadi tekor dan motor mogok di tengah jalan.

  1. Panaskan motor sebelum digunakan

Layaknya sebuah mesin pada umumnya, mesin motor juga memerlukan pemanasan sebelum melakukan aktivitasnya. Memanaskan motor ini berfungsi untuk menyiapkan suhu yang pas dan mengalirkan oli pada bagian-bagian mesin yang melakukan pergesekan. Untuk memanaskan motor nggak perlu waktu lama kok, cukup 5-10 menit saja.

Dan perlu Gilmoters perhatikan, memanaskan motor hanya dengan menghidupkan mesinnya saja, jangan sambil menarik tuas gas kencang-kencang karena ini akan membahayakan. (okz)

1 COMMENT