0
37514

Tips Rawat Rantai Agar Lebih Awet

Gilamotor.com – Bagi sebagian pengguna sepeda motor, rantai kerap dianak tirikan lantaran jarang sekali dirawat. Padahal rantai punya peranan sangat penting agar sepeda motor dapat berfungsi dengan baik. Jika sudah putus baru deh para pemilik sepeda motor pusing tujuh keliling dan menyesal nggak merawat rantai dengan baik.

Jadi, supaya rantai tetap dapat berfungsi dengan baik, ada baiknya Gilmoters merawat komponen tersebut. Dan ada beberapa hal yang perlu Gilmoters perhatikan dalam merawat rantai antara lain :

(Baca Juga : Lakukan Hal Ini Saat Ban Sepeda Motormu Bocor)

  1. Kencangkan rantai

Selama masa pemakaian, rantai motor akan kendor. Tapi jangan panik, karena hal ini wajar terjadi karena sendi-sendi rantai serta materialnya mengalami pemuaian. Dan jika terus dibiarkan pastinya akan memengaruhi kinerja pergerakan roda.

Oleh karena itu, lakukanlah pengecekan berkala agar kamu dapat mengantisipasi lebih awal jika rantai motor terlihat kendor. Akan tetapi hindari memasangkan rantai terlalu kencang, sebaiknya beri ruang sedikit agar rantai tidak mudah putus ketika motor melaju.

Foto : Joppie
  1. Bersihkan dari pelumas yang menebal

Selain mengecek kondisi kekencangan, Gilmoters juga mesti memberikan pelumas pada rantai sepeda motor kesayangan. Nggak sedikit dari pengguna sepeda motor yang melumasi rantai dengan oli, tapi oli tersebut akan bercampur dengan debu dan kotoran dan lambat laun akan menebal. Penebalan pelumas ini berdampak pada semakin beratnya sendi-sendi rantai yang berputar sehingga laju motor akan melambat.

Jika sudah terjadi penebalan, segera lakukan pembersihan agar kotoran pada rantai tidak semakin parah. Cara sederhana untuk membersihkan rantai adalah menggunakan sabun cuci piring, campurkan dengan bensin, lalu sikat dengan menggunakan sikat kecil atau sikat gigi. Terakhir, bilas serta lap sampai kering.

Cara Membersihkan Rantai Motor. Foto: Shutterstock
  1. Berikan pelumas rantai atau oli yang bagus

Setelah Gilmoters selesai membersihkan kotoran pada rantai, jangan lupa untuk memberikan pelumas tambahan. Ada baiknya semprotkan pelumas khusus rantai dengan merata ke setiap sendi-sendi rantai.

  1. Segera lakukan pergantian bila perlu

Meskipun sudah melakukan perawatan dengan baik, rantai tentunya memiliki usai pakai. Untuk itu segeralah melakukan pergantian rantai jika jarak pengencangan rantai pada swing arm sudah habis. Itu artinya rantai sudah tidak bisa dikencangkan lebih jauh walau kondisi rantai kendor. Selain itu, saat kondisi gear sudah ompong maka sebaiknya kamu melakukan penggantian dengan satu set rantai dan gear. (okz)