1
1085

Empat Kegiatan Pembalap Motor Yamaha VR46 Riders Academy

Gilamotor.com – Usai melewati tes kesehatan sebagai salah satu syarat calon pembalap motor Yamaha VR46 Riders Academ, pembalap muda tanah air Muhammad Faerozi Toreqottulah melakukan beberapa kegiatan. Mulai dari kunjungan hingga latihan dengan pembalap MotoGP, Moto2 dan Moto3 di sirkuit Misano dan sirkuit soft cross di Motor Ranch VR46 di Tavullia, Italia.

Faerozi adalah pembalap muda Yamaha Indonesia berumur 15 tahun. Bersama tiga pembalap Asia lainnya seperti Malaysia yakni Muhammad Aiman Bin Tahiruddin 16 tahun, kemudian Nazirul Izzat Bin Muhammad Bahauddin (18 tahun) dan Shota Yokohama asal Jepang (16 tahun) mereka akan ikut dalam program Yamaha VR46 Riders Academy.

(Baca juga: Selain BMW GS 1200, Berikut Jajaran Motor Otonom Lainnya)

1. Latihan Kebugaran di Gym

Pembalap Yamaha VR46 Riders Academy menjalani Fisio GYM bersama pembalap motor Yamaha lainnya seperti Franco Morbidelli, Marco Bezzecchi dan Andrea Migno serta Niccolo Antonelli. Tak terkecuali Direktur Yamaha VR46 Riders Academy, Alessio “Uccio”.

Dalam kesempatan ini juga peserta Yamaha VR46 Riders Academy berkesempatan bertemu secara langsung dengan Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing. Dan para peserta diajak berbincang sambil mengunjungi Official VR46 Store di Tavullia.

2. Training Menggunaan YZF-R3

Puncak dari latihan hari kedua adalah training di Sirkuit Misano, Italia. Aktifitas balap dengan motor Yamaha yang menjadi produk global dan diproduksi di Indonesia, yaitu Yamaha YZF-R3. Pelatihan ini berlangsung cukup lama hingga sekitar 3,5 jam dengan mentor rider Moto3, Nicolo Bulega.

Simulasi balap dilakukan di track Misano yang memiliki panjang 4.226 km dengan memiliki 4 sesi latihan mulai dari kualifikasi dan superpole selama 20 menit. Dan Faerozi berhasil meraih yang terbaik Gilmoters.

3. Latihan Riding Posisition Soft Cross

Faerozi bersama dengan pembalap Yamaha VR46 Riding Academy mendapat pelatihan edukasi riding position atau posisi berkendara selama 2,5 jam bersama pembalap Moto2 Stefano Manzi.

Pada pelatihan kali ini Faerrozi menggunakan motor Yamaha YZ125 special engine yang memiliki power cukup responsif Gilmoters. Pembalap dilatih untuk memahami handling atau kontrol terhadap tenaga motor yang responsif.

4. Latihan Flat Track

Peserta diajak latihan di lintasan datar sirkuit Motor Ranch VR46 di Tavullia, Italia dengan mentor Marco Belli menjadi sesi yang ditunggu tunggu oleh 4 pembalap Asia Gilmoters. Para mentor juga ikut turun langsung untuk memberikan pengalaman mereka di sirkuit flat track.

“Para peserta sangat beruntung karena mereka dibantu oleh dua pembalap dari VR46 Riders Academy, yaitu Bezzecchi dan Baldassarri hingga memiliki kesempatan untuk naik trek bersama. Ini adalah pelatihan yang sangat bagus untuk para siswa. Mereka banyak belajar dengan cara mengikuti, tidak hanya tentang jalur balap di lintasan, tetapi juga tentang bagaimana mengatur diri mereka sendiri di trek,” ujar Marco Belli.

Dalam kesempatan ini peserta Yamaha VR46 Riders Academy harus menyelesaikan 15 menit per sesi dengan total keseluruhan selama 4 jam. Latihan flat track mendapat porsi yang lebih banyak dengan melatih refleks rider yang nantinya akan dihubungkan dengan karakter mesin motor Yamaha, ban dan lintasan datar.

1 COMMENT