Peserta manfaatkan jalur MAT 2016 untuk eksplorasi performa motor dan nikmati panorama Kota Batu.
0
373

Pemilik Motor Trail Nggak Boleh Absen Periksa Dua Bagian Ini

Gilamotor.com – Dalam masalah perawatan, tiap jenis motor tentunya sama saja Gilmoters, servis menjadi hal terpenting yang harus dilakukan secara rutin. Motor sport, motor cub, motor matic dan motor trail juga membutuhkan perawatan dan penggantian oli secara rutin.

Namun, ternyata ada perhatian lebih yang harus kalian lakukan dari tiap jenisnya, seperti motor matic pada bagian CVT (Continuously Variable Transmission). Berbeda dengan tipe motor trail, ada dua perhatian yang wajib kalian lakukan, di antaranya:

1. Oli Motor

Hal yang wajib menjadi perhatian adalah oli motor, pasalnya oli memiliki fungsi penting untuk melumasi bagian dalam mesin, jika mesin dalam keadaan kering pastinya motor akan mendapat masalah jebol mesin.

(Baca juga: Jamur Busa Helm Mampu Menurunkan Tingkat Kegantengan Bikers)

“Secara penggunaan pastinya motor trail berbeda dengan motor on road, kalau trail (off road) otomatis pengendara akan sering sekali narik gas. Ketika menarik gas tersebut akan timbul traksi putaran dan tenaga, sehingga oli motor sangat penting untuk melumasi mesin,” ujar Agung Sugiono selaku Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM).

Durasi penggunaan oli motor trail berbeda dengan motor pada umumnya Gilmoters, oleh karena itu pengguna trail wajib memperhatikan takaran oli yang ada pada mesin sebelum kalian membawa ke lintasan off road.

Foto : Honda

2. Slider Rantai

Slider rantai memiliki fungsi cukup penting untuk motor trail yang biasanya selalu berada di lintasan off road. Pasalnya slider rantai akan menjadi pembersih rantai secara otomatis.

“Fungsi slider rantai itu sangat penting, karena dapat membersihkan kotoran yang menempel pada rantai ketika melalui jalan berlumpur. Selain itu juga berfungsi untuk menjaga rantai tetap berada di jalurnya. Jadi fungsinya bukan sebagai penegang rantai, slider ini juga punya batas servis, tapi masih aman jika tidak pecah atau rusak,” tambah Agung.

Oli motor dan slider rantai bisa menjadi perhatian penting Gilmoters yang menggunakan motor trail. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan dari tiap bagian motor trail kalian.