0
214

Yamaha Indonesia: Event Balap Tingkatkan Kesadaran Safety Riding

GilaMotor.com –¬† Jalan raya bukanlah tempat kebut-kebutan. Namun, untuk Gilmoters yang gemar menggeber kendaraannya, beruntung karena agen pemegang merek mewadahi hal tersebut. Ambil contoh Yamaha Indonesia yang rutin menggelar ajang balap untuk komunitas maupun profesional.

Di Indonesia, mereka memiliki ajang balap Yamaha Sunday Race yang sudah empat tahun digelar. Dan kini Yamaha tengah mencoba konsep balapan baru, yaitu uji ketahanan motor selama satu hingga dua jam, tergantung kelasnya yang diberi nama Yamaha Endurance Festival 2018.

(Baca juga: Inilah yang Bikin Yamaha Endurance Festival 2018 Berbeda dari Balapan Biasa)

Yamaha melihat konsistensinya mewadahi penggemar balap ini berkontribusi pada kesadaran keselamatan berkendara.

“Setelah sukses Yamaha Sunday Race selamat empat tahun, konsumen Yamaha yang dari komunitas, mereka sudah concern terhadap safety. Mereka sudah menggunakan safety gear yang bagus, nggak maksa kalau anak touring itu jago balapan,” ucap Muhamad Abidin, GM Aftersales and Public Relation¬†Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Minggu (30/10) di Sirkuit Sentul, Bogor.

Dirinya melanjutkan, “Saya juga tanya sama mereka, bagaimana setelah ikut Yamaha Sunday Race. Katanya, sekarang ngeri kalau lihat jalanan, banyak trotoar, banyak orang. Di sirkuit yang dilengkapi barrier saja sakit kalau jatuh, apalagi kena trotoar.”

Abidin menyimpulkan, setelah ikut race, kesadaran safety riding meningkatkan, dan hal ini adalah sesuatu yang positif. Karena para karena konsumen Yamaha yang datang dari kalangan komunitas dapat dikatakan sudah “tahu tempat” kalau mau merasakan performa motornya sampai mentok.

“Yang awalnya kalau touring bawa (motornya) serius banget, sekarang jadi lebih menahan diri. Boleh dibilang, kalau mau jago ya di track saja, buktikan best lap time,” tambah Abidin.

Tapi tentunya, best lap time bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan dalam ajang Yamaha Endurance Festival 2018 yang berlangsung hari Minggu ini. Karena strategi untuk menyelesaikan balap selama satu jam untuk kelas komunitas 150cc, 250cc, dan dua jam untuk kelas terbuka adalah yang terpenting.