3
5052

3 Cara Merawat Motor Matik di Rumah, Gampang!

Cara merawat motor matik di rumah tidaklah sulit dan bisa dilakukan siapapun, termasuk kaum hawa. Mengapa dibilang begitu? Karena tak bisa dimungkiri bahwa motor matik banyak digunakan oleh lady bikers alias pemotor perempuan. Meski di jalan raya banyak pula ditemui pria yang memilih model motor matik terbaru sebagai alat transportasi andalannya.

Keunggulan motor matik memang menjadi daya pikat tersendiri untuk para bikers. Beberapa hal yang menjadi nilai tambahnya antara lain, kemudahan dalam pemakaian.

Berbeda dengan motor sport atau bebek, saat menggunakan motor matik pengguna tak perlu direpotkan untuk mengoper-oper gigi. Tinggal gas, lalu jalan.

Kemudahan ini pastinya memberikan kenyamanan tersendiri saat menggunakannya di daerah perkotaan yang banyak ditemui kemacetan. Alhasil, motor jenis ini pun menuai kepopuleran besar di Indonesia, terbukti dengan tercatatnya motor jenis matik yang menjadi tulang punggung penjualan sejumlah brand kendaraan roda dua.

Pertanyaannya, bagaimana cara merawat motor matik biar selalu nyaman dipakai? Untuk menjawab hal ini, kita bisa melakukan perawatan dengan pengecekan-pengecekan sederhana di rumah, meliputi:

Selalu Cek Cairan-cairan Kendaraan

Cairan yang dimaksud meliputi bensin, oli mesin, dan minyak rem.

Motor matik saat ini bisa dipastikan sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Untuk itu, selalu cek seberapa banyak sisa bensin di dalam tangki sebelum memulai perjalanan. Karena bila kehabisan bensin di jalan maka bukan hanya perjalanan yang terganggu. Melainkan komponen di dalam sistem injeksi juga berpotensi kena masalah.

Langkah bersifat antisipasi ini juga berlaku untuk oli mesin yang memegang peran penting dalam menjaga kerja dapur pacu.

Tak ketinggalan, juga pengecekan minyak rem. Perlu diingat, mesin motor matik tak memiliki karakter engine brake seperti motor yang dilengkapi perseneling. Sehingga pengguna bergantung seratus persen pada sistem pengereman untuk mengehentikan motor.

Panaskan Motor Sebelum Digunakan

Cara merawat motor matik di rumah selanjutnya ialah memanaskan mesin sebelum motor dipakai. Tujuannya ialah agar oli bisa melumasi mesin secara optimal. Tak butuh waktu lama untuk memanaskan mesinnya, cukup dengan durasi sekitar lima menit. Langkah ini bisa dilakukan dengan membukan tuas gas agak besar biar mesin berputar lebih tinggi, namun tak perlu berlebihan.

Jaga Kebersihan Motor

Perawatan bukan hanya untuk hal-hal yang bersifat teknis saja. Melainkan perlu juga menjaga tampilan motor biar selalu enak dilihat dan dipakai. Untuk itu kita bisa mencucinya dengan peralatan-peralatan yang dimiliki. Cara merawat motor matik di rumah yang satu ini sudah barang tentu juga dapat diaplikasikan untuk motor-motor jenis lainnya.

Langkah-langkah perawatan yang telah disebutkan bersifat sederhana dengan tujuan agar pengguna bisa selalu nyaman menggunakan kendaraan yang dimiliki. Meski untuk perawatan lebih dalam, perlu juga untuk memerhatikan kondisi CVT dan komponen-komponen khas di dalam mesinnya. Namun gampangnya, pengecekan tersebut bisa diserahkan ke tangan para profesional.

3 COMMENTS