Foto Revzilla
3
8698

Bolehkah Langsung Menggunakan Electric Starter Pada Motor yang Jarang Dipakai?

GilaMotor.com – Ada kalanya kita menyimpan motor dalam waktu lama. Misal, saat kita tinggal mudik. Setelah motor tidak menyala dalam lama bagaimana cara terbaik untuk menyalakannya? Bolehkah langsung menggunakan electric starter?

Fitur electric starter memang bikin gampang pemilik motor. Tinggal putar anak kunci ke posisi on, lalu tekan tombol starter dan mesin motor langsung menyala. Yang bikin lebih nyaman lagi adalah kita nggak perlu memposisikan motor dengan standar tengah.

Semua kemudahan ini tidak bisa didapat bila kita menggunakan kick starter. Mudah dan nyaman, wajar kalau kebanyakan bikers jadi terbiasa buat menggunakan electric starter.

(Baca juga: Cara Mudah Mendeteksi Kerusakan Shockbreaker Motor)

Tapi yang menjadi pertanyaan, bolehkan langsung menggunakan electric starter pada motor yang jarak dipakai?

Untuk menjawab pertanyaan itu, Bang Gilmot mencari sejumlah informasi. Dari sumber terpercaya, didapat salah satu penjelasan bahwa hal itu sebaiknya dihindari. Hal tersebut berhubungan dengan konsumsi daya aki yang cukup besar.

Apa lagi bila setelah mesin motor tidak menyala dalam waktu lama. Yang artinya aki tidak mendapat pasokan listrik dalam waktu yang lama pula. Ditambah lagi mesin motor bisa kaget, lataran setelah mesin lama tidak menyala maka oli belum melumasi mesin secara sempurna.

Jadi sebaiknya, untuk situasi seperti ini nggak ada salah Gilmoters mengeluarkan tenaga dikit untuk menggunakan kick starter.

Di lain sisi ada juga kasus saat electric starter ditekan justru nggak ada respon apa-apa dari mesin. Gilmoters nggak perlu panik bila hal ini terjadi. Untuk melacak gangguannya, Gilmoters bisa melakukan inspeksi terhadap tiga komponen, meliputi switch electric starter, dinamo, dan aki.

3 COMMENTS