Foto: Wired
1
1089

Sejarah Motor: Cikal Bakal Motor Bensin dari Mercedes-Benz

GilaMotor.com – Perkembangan kendaraan roda dua telah melewati banyak tahap hingga kita bisa menikmati produk yang enak dipakai, kuat, dengan tambahan fitur-fitur canggih seperti sekarang. Semua kemudahan tersebut tak lain berkat inovasi yang dilakukan para produsen. Mungkin, salah satunya termasuk Daimler yang saat ini dikenal sebagai induk perusahaan mobil Mercedes-Benz.

Pierre Michaux, seorang pandai besi dari Paris boleh jadi tercatat sebagai orang yang pertama kali menanamkan mesin uap ke dalam sebuah sepeda pada 1860-an. Alhasil, pengguna tak perlu menggoesnya lagi, tinggal gas langsung jalan. Konsep yang sejatinya bisa kita temui pada motor-motor saat ini. Namun, kalau kita mencari tahu motor pertama yang menggunakan mesin bensin, maka akan berujung pada nama Daimler.

Hal ini bisa dilihat dari paten Gottlieb Daimler pada tahun 1885. Dilaporkan situs Wired, paten tersebut menunjukkan sebuah kendaraan dua roda yang menggunakan internal combustion engine berbahan bakar bensin. Jenis mesin yang konsep kerjanya bisa ditemui pada motor-motor sekarang.

Hal ini cukup masuk akal mengingat Daimler juga tercatat sebagai pembuat mobil pertama yang menggunakan mesin bensin. Dengan pengetahuan para teknisinya pada masa itu, seharusnya bukan hal sulit untuk menerapkan konsep yang sama pada kendaraan roda dua.

Jangan harap untuk melihat desain motor yang keren pada paten ini. Wujudnya motor buatan Daimler tak lebih dari sepeda dengan rangka kayu yang dipasang mesin. Dari sumber yang sama, diketahui mesin yang dipakainya ialah jantung pacu satu silinder Otto-cycle. Sedangkan, sistem pembakaran kemungkinan menggunakan karburator semprot yang pada masa itu memang tengah dikembangkan Diamler untuk mobilnya.

1 COMMENT