1
327

SSFC Pengda Depok Kampanyekan Keselamatan Berkendara

Komunitas pengguna Suzuki Satria FU, SSFC Pengda Depok, Minggu (21/10) lalu menggelar Kampanye Keselamatan Berkendara bertema “Biker Ready for Road Safety”. Sesuai topiknya, acara yang diselenggarakan di Waroeng HEZY (Cafe & Resto) ini menitikberatkan pada edukasi dan informasi terkait keselamatan berkendara.

Bikers yang sepenuhnya mengutamakan keselamatan di jalan (ready for road safety), tidak hanya mempersiapkan diri melalui penerapan prinsip safety riding saja. Seperti pemakaian equipment gear, taat peraturan, defensive riding dan sebagainya. Melainkan juga paham tentang manajemen resiko soal adanya kecelakaan lalu lintas yang mungkin saja dialami saat berkendara.

Dari data yang SSFC Pengda Depok dapat, kecelakaan kerja di kalangan pekerja masih tinggi. Sepanjang 2016 di Jakarta terjadi 5.093 kasus kecelakaan kerja yang menimpa peserta BPJS Ketenagakerjaan. Diantaranya 2.565 (50%) kasus kecelakaan kerja di lokasi kerja, sedangkan kecelakaan lalu lintas sebanyak 2.099 (41,21%) dan 429 (8,42%) kasus terjadi di luar lokasi kerja.

Berangkat dari data tersebut, maka komunitas motor Suzuki Satria FU memberikan informasi dan edukasi untuk para bikers dan pengguna kendaraan bermotor yang mayoritas adalah pekerja. Bahwa dalam rutinitas bekerja mulai dari berangkat hingga kembali pulang ke rumah ada resiko dalam berkendara. Dan resiko tersebut dapat menjadi mudah dan banyaksekali manfaatnya jika kita mengalihakan resiko kecelakaan tersebut ke BPJS Ketenagakerjaan. Dengan adanya pengalihan resiko tersebut bikers akan
merasa aman dan nyaman saat berkendara.

“Pada tahun 2006 kami adakan kampanye keselamatan berkendara hanya untuk internal. Tapi sejak 2014 kami memutuskan untuk go public supaya bikers yang lain juga sadar akan keselamatan berkendara,” ungkap Bonie Barlian, Ketua SSFC Pengda Depok.

“Saya selaku ketua panitia mengucapkan terimakasih kepada para peserta kegiatan ini atas waktunya. Saya berharap kita semua sebagai pengguna jalan raya semakin peduli dan cerdas untuk mencegah dan melindungi diri dari berbagai resiko di jalan raya,” tambah Begawan selaku Ketua Panitia.

Acara kampanye ini dihadiri oleh Komunitas Suzuki Satria FU lainnya di kota Depok dan sekitarnya serta digunakan untuk Sunday Morning Ride, talkshow & Nonton Bareng MotoGP, Gilmoters!

Teks. Fatim
Foto. SSFC Pengda Depok

1 COMMENT