0
13610

Cara Mengerem Motor Matic di Jalan Menurun

GilaMotor.com – Motor matic atau yang biasa disebut skutik dapat dikatakan sebagai tipe motor yang paling populer sekarang. Wajar sih karena skutik menawarkan kepraktisan dan kemudahan dalam penggunaannya. Namun dari sekian banyak penggunanya, mungkin masih ada yang belum tahu teknik mengerem motor matic yang benar, apalagi di jalanan menurun.

Untuk itu, kali ini Bang Gilmot pengin sharing tentang hal tersebut kepada Gilmoters semua. Teknik pengereman rasanya perlu diketahui oleh para pengguna motor matic lantaran menentukan keselamatannya di jalan. Setelah mencari informasi ke berbagai sumber, inilah beberapa poin yang penting dilakukan saat mengerem motor matic.

(Baca juga: Alasan Tekanan Angin Ban Perlu Dikurangi Saat Musim Hujan)

Teknik mengerem motor matic

Satu hal terpenting yang memengaruhi keberhasilan proses pengereman dengan motor matic adalah fokus kita sebagai pengendara, Gilmoters. Fokus yang Bang Gilmot maksud adalah kemampuan seorang bikers dalam menilai situasi jalan yang ada di depannya. Dengan begitu kita bisa tahu kapan waktu yang seharusnya untuk mulai mengerem.

Bila kita terus mengasah fokus kita di atas motor, dijamin deh nggak bakal ada cerita rem mendadak. Karena jauh dari sebelumnya kita sudah bisa menakar kecepatan motor yang aman dengan mengurangi gas.

Terlepas dari hal itu, penting diingat bahwa motor matic berbeda dengan motor transmisi manual yang memiliki efek engine brake alias pengereman dari mesin. Untuk menghentikan lajunya, motor matic seratus persen bertumpu pada sistem pengereman. Jadi penting juga mengetahui cara benar menggunakannya.

Untuk pengereman yang maksimal, usahakan gunakan rem depan dan belakang secara seimbang. Hindari kebiasaan hanya menggunakan salah satu rem. Bang Gilmot nggak akan nulis berapa persen rem depan atau belakang yang harus dipakai karena hal itu sulit ditakar. Dalam situasi nyata pengendara sendiri yang bisa merasakan seberapa banyak pembagian porsi tersebut.

Teknik ini juga berlaku di jalanan menurun. Namun ada tambahannya, bila harus melaju perlahan di jalanan menurun maka Gilmoters bisa memanfaatkan rem belakang untuk menjaga kecepatan.