0
215

Cara Sederhana Merawat Motor Berbekal Buku Pedoman Pemilik

GilaMotor.com – Memiliki sepeda motor berarti kita juga harus siap melakukan perawatannya. Bukan tanpa alasan, perawatan sepeda motor motor dilakukan guna menjaga performanya tetap enak dipakai.

Untuk cara sederhana merawat motor, pengguna bisa memelajarinya lewat buku panduan pemiliki. Setiap motor baru yang keluar dari dealer, pasti dilengkapi buku pedoman. Sayangnya, banyak pemiliki motor yang kerap mengabaikannya.

“Harus baca buku pedoman, setiap motor baru pasti ada buku pedomannya. Di dalamnya terdapat penjelasan untuk perawatan yang ringan-ringan, seperti ganti oli, terus tekanan ban, rantai, sampai kelistrikan,” terang Ardhi Sulistyo (28), makanik Sentral Yamaha Jember yang belum lama ini menyabet juara dua World Technician Grand Prix (WTGP) 2018.

Berbekal pengetahun dari buku pedoman tersebut, sebenarnya pengguna sudah bisa melakukan cara sederhana merawat motor. Baik untuk hal-hal yang bisa dijalani sendiri atau yang perlu mendapat bantuan bengkel.

“Dari situ saja sudah cukup bila motor hanya untuk digunakan sehari-hari,” sambung Ardhi.

Dengan melakukan perawatan berbekal buku pedoman, pemilik motor bisa merasakan manfaat motor jadi awet.

“Motor jelas lebih awet, dia tahu kapan seharusnya ganti busi, di dalam buku pedoman sudah ada. Sebaiknya berapa kilometer kita ganti busi. Lalu kapan kita ganti oli, kapan kita ganti filter udara. Semua itu pasti membuat motor lebih awet,” ucap mekanik yang memegang gelar sarjana teknik Universitas Jember tersebut.

Cara Sederhana Merawat Motor

Rutin Ganti Oli

Oli memiliki fungsi melumasi, melindungi, dan mendinginkan mesin. Seiring penggunaan, kualitas oli di dalam mesin bisa menurun. Oleh karenanya pemiliki motor wajib melakukan ganti oli secara rutin agar performa mesin terjaga.

Mengecek Tekanan Angin Ban

Tekanan angin di dalam ban bukan hanya menentukan nyaman atau tidaknya motor saat digunakan. Melainkan juga pada kepresisian pengendalian. Ban motor yang kurang angin bisa dipastikan nggak nyaman untuk dikendari. Tarikannya berat dan sulit dikendalikan.

Ganti Busi Teratur

Busi menjadi salah satu komponen yang memegang peran penting dalam pengapian motor. Kondisinya menentukan performa laju motor.