0
922

Ketahui Risiko Pakai Jas Hujan Model Ponco

GilaMotor.com – Setiap tahunnya kita yang berada di Indonesia menghadapi musim hujan. Buat mereka yang sehari-hari mengandalkan sepeda motor sebagai penunjang utama mobilitasnya, memiliki jas hujan rasanya adalah sebuah kewajiban.

Tapi saat hendak membeli jas hujan, kita dihadapkan pada dua pilihan, jas hujan model ponco atau setelan yang terdiri dari atasan dan bawahan. Kalau Bang Gilmot pribadi, nggak pernah ragu untuk selalu memilih jas hujan setelan atas bawah karena sejumlah alasan.

(Baca juga: Awas Telat, Begini Syaratnya Bayar Pajak Motor Tahunan dan Lima Tahunan)

Namun, mungkin setiap orang punya pilihan masing-masing, ya. Ada seorang teman Bang Gilmot yang senangnya pakai model ponco. Sewaktu ditanya alasannya, ia menjawab karena harganya relatif murah dibanding jas hujan setelan. Alasan lainnya adalah gampang dipakainya. Hhhmm, ada benarnya juga sih dia.

Terlepas dari semua itu, sudah bukan rahasia lagi kalau jas hujan ponco juga memiliki risiko yang berkaitan dengan keselamatan berkendara.

Bahaya jas hujan ponco

Sudah tugas Bang Gilmot dan sesama bikers untuk saling mengingatkan, terutama apabila menyangkut keselamatan di jalan raya. Nah, soal penggunaan jas hujan ponco ini memang ada risikonya, Gilmoters. Paling sering terjadi adalah bagian ujung bawah jas hujan nyangkut ke rantai motor. Walau Gilmoters menggunakan motor matic, bukan berarti terbebas dari risiko ini.

Bagian bawah jas hujan bisa saja terbelit roda belakang. Mudah-mudahan, kasus kecelakaan karena hal ini seperti yang pernah terjadi di Surabaya yang sempat viral akhir tahun 2017 lalu nggak terulang lagi, Gilmoters.

Lalu, kalau jas hujan ponco dibilang lebih mudah dipakai, itu juga ada benarnya. Tapi bentuk potongannya yang terbuka di kedua sisi justru kadang bikin badan tetap basah bila hujan yang turun deras banget, apalagi disertai angin.

Bang Gilmot pribadi bukannya nggak pernah memakai jas hujan ponco. Namun dari pengalaman tedahulu, jas hujan model ini juga bikin riding nggak enak karena bentuknya yang lebar justru menghalangi angin yang datang dari berbagai arah. Pokoknya, nggak enak banget. Jadi demi keselamatan di jalan, usahakan Gilmoters selalu memakai jas hujan model setelan atas bawah, ya.