0
194

Komunitas Motor Belajar Pertolongan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas

GilaMotor.com – Bang Gilmot percaya, pembaca GilaMotor merupakan biker yang taat dalam berlalu lintas dan selalu waspada di jalan raya. Namun demikian, harus disadari bahwa kapan pun saat kita berada di jalanan maka selalu ada kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Maka dari itu, ada baiknya seorang biker memiliki wawasan tentang pertolongan pertama terhadap korban kecelakaan. Hal inilah yang dipelajari oleh para anggota komunitas motor di Bandung dalam rangkaian kegiatan menjelang Honda Bikers Day Nasional 2018.

PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengadakan kegiatan ini, Kamis (8/11) di Bandung. Lerri Gunawan, General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM mengatakan, “Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan persiapan para bikers yang akan melakukan touring menuju HBD Nasional 2018 di Pangandaran yang tetap mengutamakan keselamatan berkendara.”

(Baca juga: Komentar Komunitas Usai Coba Yamaha R25 Terbaru)

Para biker Honda yang telah mendaftarkan diri untuk bergabung dalam HBD Nasional 2018 mendapatkan bekal pengetahuan keselamatan berkendara dan pelatihan Basic Life Support Training pada saat melakukan touring jarak jauh.

Pada sesi awal, para bikers diperkenalkan kampanye keselamatan berkendara #Cari_Aman dari tim Safety Riding DAM. Selanjutnya, para biker dibekali pengetahuan safety riding gear yang wajib digunakan saat melaksanakan touring, serta membekali para biker dengan pengetahuan pembagian peran Road Captain dan Sweeper dalam melakukan touring jarak jauh.

Dalam pelatihan Basic Life Support Training, para biker Honda diperkenalkan dengan pengetahuan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan di jalan raya. Pembekalan dilakukan dengan tujuan untuk membuka wawasan para biker Honda dengan prinsip dasar pertolongan pertama pada luka ringan hingga luka berat seperti patah tulang pada korban kecelakaan.

Pada sesi ini, pembekalan materi diberikan langsung oleh tim Palang Merah Indonesia (PMI) dan tim medis di masing-masing wilayah. Pembekalan materi diberikan secara teori dilanjutkan dengan sesi praktik agar para biker lebih memahami setiap tahapan saat memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan. Para biker juga dibekali dengan informasi rumah sakit terdekat pada jalur touring yang dilalui.