1
895

Lakukan Perawatan Helm Usai Terkena Hujan

GilaMotor.com – Cuaca hujan tentunya sangat merepotkan para pengguna motor, walaupun begitu kita harus siap menghadapinya. Selain menjaga kondisi tubuh, saat musim hujan juga ada baiknya kita merawat perlengkapan riding yang biasa digunakan, helm salah satunya.

Helm yang menjadi perlengkapan berkendara yang selalu terkena panas, debu, dan air. Di musim hujan kotoran tanah dan busa yang lembab tentunya sering kita rasakan, kondisi seperti ini tidak bisa kalian diamkan begitu saja karena lama-kelamaan busa akan menjadi sarang bakteri.

(Baca juga: Ketahui Cara Pengereman yang Benar Saat Musim Hujan)

Jika Gilmoters tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan kalian bisa mempercayakan kepada jasa cuci helm, namun jika kalian memiliki waktu ada baiknya menyempatkan untuk mencuci helm sendiri dengan menggunakan sabun untuk mencuci helm.

Cara pertama copot liner pada helm dan rendam pada air sabun untuk menghilangkan kotoran dan bau apek pada liners. Setelah itu Gilmoters cukup mengeringkan dengan cara menjemur, dan ingat jangan menjemur di bawah sinar matahari karena dapat membuat peredaman liner kurang bekerja maksimal.

Sambil menunggu waktu kering Gilmoters bisa memanfaatkan waktu untuk membersihkan bagian visor dan batok helm. Untuk membersihkan ini Gilmoters memerlukan peralatan berupa lap halus.

Hal yang harus kalian lakukan adalah mencopot visor dari helm agar pembersihan visor maksimal dan debu-debu kecil di visor bisa benar benar bersih. Pembersihan visor cukup dengan menggunakan air bersih dan kalian lap lebih dulu dengan tangan.

Untuk mengeringkannya, Gilmoters cukup menggunakan lap kering tanpa menyisakan sisa air. Usai semua kering usahakan pasang liner terlebih dulu dan berakhir dengan memasang visor. Nah jika sudah bersih helm bisa kembali kalian gunakan dengan nyaman dan harum.

1 COMMENT