Supermoto Indonesia Touring Jelajahi Sulawesi (2)
1
924

Mempersiapkan Diri untuk Touring Jauh dengan Trik Ini

Gilamotor.com – Mengendarai motor sehari-hari berbeda bisa dibilang berbeda dengan touring jarak jauh. Walaupun seorang pemotor rutin berkendara sehari-hari, namun belum tentu kuat mental dan fisik ketika dihadapkan pada sebuah perjalanan touring. Selain jarak, pasalnya banyak hal tak terduga lainnya yang bisa saja ditemui selama perjalanan.

Untuk itu Bang Gilmoters ingin berbagi tips dan trik sebelum kalian melakukan perjalanan jauh. Selain, yang utama yaitu berdoa dan pamit ke orang rumah, ya, Gilmoters.

(Baca juga: Rujukan Modifikasi Yamaha R25 Pakai Aksesori Resmi Pabrikan)

– Posisi tangan, genggam tuas gas dengan kuat dan benar. Karena belakang ada bikers yang memegang stang terbalik, posisi ini diklaim tidak aman untuk menjaga kestabilan saat berkendara Gilmoters.

– Kecepatan, dalam memacu kendaraan ada baiknya disesuakan dengan kondisi jalan. Saat melewati pasar dan jalan ramai batas kecepatan yang kalian lewati 40 km/jam, dan di saat jalan lengang dan sepi motor bisa kalian pacu dengan 60 km/jam ke atas.

– Gunakan spion untuk cek kendaraan di belakang, tetapi tidak ada salahnya untuk menoleh guna memastikan kondisi aman untuk berbelok atau berpindah jalur. Tak lupa pula untuk nyalakan lampi sign.

– Jaga jarak aman, kecepatan 40 km/jam harus memiliki jarak ideal 3-5 meter, 40 – 50 km/jam memiliki jarak 5-10 meter dan kecepatan diatas 60km harus memiliki jarak ideal 10 meter dari kendaraan di depan kita Gilmoters. Begitu juga saat berada di belakang kenddaraan yang memiliki dimensi besar, kalian harus dapat memastikan jalur yang kalian lalui aman dari lubang atau semacamnya.

– Porsi pengereman, Usahakan 60% rem depan dan 40% rem belakang, dimana hal ini menghasilkan kestabilan pengereman yang lebih baik.

– Saat hujan gunakan jas hujan, jangan gunakan jas hujan dengan model kelelawar dengan alasan keselamatan berkenddara. Namun jika hujan lebat dan jalan tiddak terlihat disarankan untuk menepi dilokasi aman Gilmoters.

– Atur jarak tempuh untuk memprediksi bahan bakar minyak dan titik rest point untuk beristirahat setiap 1,5 jam – 2 jam untuk menjaga kebugaran tubuh.

– Gunakan peta atau GPRS untuk lokasi yang belum kalian ketahui.

– Patuhi peraturan rambu rambu lalu lintas yang ada gilmoters.

Jadi sudah siapkah untuk melakukan perjalanan jauh di weekend kali ini?

1 COMMENT