Foto : NTMC Polri
1
135

Meski Jumlah Pelanggar Menurun, Operasi Zebra Jaya Dinilai Tidak Tepat

GilaMotor.com – Operasi Zebra telah berlangsung selama delapan hari, tentunya banyak dari Gilmoters yang melihat atau bahkan ikut dirazia oleh kepolisian. Tapi semoga saja tidak ada yang terjaring ya, pasalnya Bang Gilmot sudah mewanti-wanti untuk tertib lalu lintas.

Sepekan pelaksanaan Operasi Zebra Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya sudah menjaring 52.366 pelanggar, walaupun jumlah pelanggar yang menurun dari tahun sebelumnya Operasi Zebra dinilai tidak memberikan dampak yang signifikan loh Gilmoters.

(Baca juga: Harley-Davidson WL45 1947 Krom Works: Konsep Boardtracker yang Tak Lazim)

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW) Edison Siahaan. “Selain tidak memberikan dampak signifikan terhadap upaya mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) juga hanya untuk menghabiskan angggaran,” ujar Edison seperti dilansir dari Tribunnews.com.

Bahkan opersai yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya hanya untuk mengejar target pendapatan negara bukan pajak (PNBP), hal ini yang dinilai tidak tepat Gilmoters. “Bila terus dilaksanakan, tentu akan menggerus kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” tambahnya.

Sementara itu dalam keterangan berbeda Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, menjabarkan perbandingan jumlah pelanggaran yang menurun hingga 21 % dalam jangka waktu yang sama yaitu sepekan dari tahun sebelumnya.

“Jumlah tilang tahun 2018 sebanyak 52.366 pengendara, tahun 2017 berjumlah 66.207 pengendara,” kata Budiyanto, dalam situs web NTMC Polri.

Jangan sampai Gilmoters masuk dalam jumlah ini ya, pasalnya pelaggaran terbanyak masi didominasi pengendara roda dua yang mencapai 33.911. Pelanggaran yang sering ditemukan mulai dari melawan arus, tidak melengkapi surat kendaraan.

Walaupun dinilai tidak tepat dan harus di evaluasi, pihak Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya masih tetap melaksanankan Operasi Zebra hingga (12/11). Sekarang giliran Gilmoters deh yang menilai, Bang Gilmot tunggu komentarnya ya?

1 COMMENT