1
471

Persiapan Melakukan Perjalanan Jauh Saat Musim Hujan

Gilamotor.com – Gilmoters mungkin suka melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor, ditambah lagi kalo perginya bersama temen-temen nih pastinya semakin seru. Pemandangan alam di Indonesia pastinya tidak akan membuat kalian bosen untuk melakukan touring, pasalnya beragam pemandangan dan jalur yang kalian lewati sangatlah beragam.

Untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan perjalanan jauh ada persiapan yang harus kalian lakukan sebelum memulai perjalanan. Ditambah lagi cuaca yang tidak menentu, tentunya hal ini bukanlah menjadi permasalahan ketika persiapan itu telah kalian pikirkan terlebih dulu.

(Baca juga: Jurus Kabel-kabel Motor Awet Modal Kapur Barus)

Yang sering bang Gilmoters jumpai, saat melakukan perjalanan jauh adalah apparel yang apa adanya. Padahal ketika kalian berada di jalan, apparel yang akan menjadi salah satu penentu penunjang faktor keselamatan, Gilmoters. Oleh karena itu saat menggunakan sepeda motor usahakan menggunakan apparel yang aman dan nyaman untuk diri kita.

Asep Wawan selaku Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Motora mencoba berbagi tips persiapan melakukan perjalanan jauh :

Jaket

Tidak semua jaket bisa dipakai untuk touring. Untuk touring diperlukan jaket yang tebal yang bisa menutupi tubuh dan menutupi bagian leher, pergelangan tangan, pinggul dan dilengkapi dengan sistem protector atau pelindung. “Tujuan dari jaket yang desainnya menutupi anggota tubuh adalah untuk meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan,” ujar Asep Wawan, Instruktur Safety Riding DAM.

Helm

Helm menjadi salah satu perangkat safety yang wajib digunakan oleh bikers. Pastikan helm yang digunakan memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), baik yang helm half face dan full face. Sesuaikan ukuran helm dengan kepala pengendaranya. “Menggunakan helm yang tidak pas dengan pengeendaranya akan membuat perlindungan menjadi kurang maksimal dan juga membuat pengguna tidak merasa nyaman,” ujar Asep. Bagian helm yang tidak kalah penting adalah tali pengikat helm beserta pengancingnya, jika berkendara pastikan tali helm telah terkunci dengan sempurna.

Pakaian Ganti dan Alas Kaki

Tentunya aktifitas touring merupakan kegiatan yang menempuh jarak jauh, untuk itu perlu mempersiapkan pakaian ganti selama touring berjalan. Selain itu, perlu mempersiapkan alas kaki yang sesuai. “Disarankan pada saat perjalanan touring, gunakanlah sepatu touring yang terbuat dari bahan kuat dan tahan air dan tentunya nyaman digunakan,” ujar Asep. Sepatu touring yang bagus pasti mempunyai 3 bagian pelindung, yaitu pelindung pada bagian mata kaki (ankle), tulang kering (bone shine) dan jari kaki (toe slider).

Jas Hujan

Cuaca yang tidak menentu membuat kalian perlu mempersiapkan jas hujan yang berwarna terang karena pada saat hujan jarak pandang akan berkurang. Namun jika hujan yang turun cukup deras maka disarankan untuk berhenti menunggu hujan mulai reda karena jika hujan deras dikhawatirkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kondisi jalan yang licin, kondisi pengereman yang tidak optimal atau pohon tumbang yang membahayakan kalian semua Gilmoters.

Obat-obatan dan P3K

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah adanya obat-obatan dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dalam perjalanan touring menggunakan sepeda motor. Karena selama perjalanan bisa saja dihadapkan pada hal-hal yang tidak terduga untuk itu perlu dipersiapkan kebutuhan obat khususnya bagi bikers yang memiliki obat khusus pribadi yang sangat penting untuk dibawa.

Kendaraan

Sepeda motor pun perlu dipersiapkan mulai dari kondisi ban, rem, sistem kemudi dan juga mesin tentunya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa membahayakan diri sendiri ataupun orang lain. Karena faktor keselamatan adalah yang paling utama. “Cek kondisi motor secara menyeluruh dan jika perlu bawalah ke bengkel resmi Honda atau AHASS secara berkala sesuai dengan jadwal servis berdasarkan jarak tempuh atau waktunya,” ujar Asep.

Kondisi Fisik

Jika kendaraan sudah siap maka yang selanjutnya adalah perlu mempersiapkan kondisi fisik pengendara. Jaga kondisi sebelum touring, istirahat yang cukup, hindari begadang karena akan memerlukan fokus yang ekstra selama touring. Beristirahatlah jika kalian sudah merasa lelah selama touring, maksimal 2 jam perjalanan wajib berhenti untuk mengembalikan konsentrasi dan menghindari kecelakaan diakibatkan kondisi fisik yang lelah atau mengantuk.

1 COMMENT