Harga Oli Motor Terbaik Evalube
0
1968

Seberapa Rutin Motor Perlu Dirawat di Bengkel?

GilaMotor.com – Bang Gilmot punya seorang teman yang belum lama ini membeli motor baru. Ia bertanya pada Bang Gilmot, sebaiknya seberapa rutin motor harus dirawat di bengkel? Pertanyaan yang mungkin terdengar sepele bagi mereka yang sudah akrab dengan kendaraan roda dua. Namun, bagi yang awam, rupanya hal ini cukup bikin penasaran.

Motor memang membutuhkan perawatan rutin biar performanya tetap terjaga dengan baik. Dan bila pertanyaan itu muncul, berarti teman Bang Gilmot tersebut sudah memiliki kesadaran untuk selalu merawatnya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Bang Gilmot memberitahunya bahwa seberapa rutin motor harus dirawat di bengkel bisa mengacu pada jadwal yang dianjurkan pada buku pedoman pemilik.

Hal ini berlaku untuk motor-motor baru, di mana pemilik dianjurkan untuk membawa motor ke dealer resmi untuk dilakukan perawatan rutin. Selain biar performa motor terjaga, dengan begitu garansi motor juga jadi nggak gugur.

Buku pedoman pemilik kendaraan yang hadir melengkapi setiap motor baru keluar dari dealer menyertakan jadwal servis berkala berdasarkan jarak kilometer yang sudah ditempuh dan waktu. Mana yang harus diambil? Tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Ambil contoh untuk servis motor matic Honda BeAT. Mengutip laman resmi dealer Honda Cengkareng, servis berkala pertama motor matic Honda yang satu ini ialah pada kilometer 1.000 atau dua bulan setelah tanggal pembelian, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Motor dari merek lain mungkin berbeda angka kilometer dan waktunya, tapi pada prinsipnya sama-sama menggunakan dua patokan tersebut.

Nah, bagaimana bila motor yang dibeli sifatnya seken alias bekas dan buku pedoman entah ke mana. Amannya sih motor dibawa ke bengkel untuk melakukan servis rutin termasuk ganti oli dan sebagainya setiap 2.000 km.

Walaupun, ada juga sumber yang mengatakan cukup dilakukan setiap 4.000 km. Namun bila motor sering terjebak macet maka nggak ada salahnya untuk memajukan jadwal servis. Apalagi untuk motor-motor yang sudah berumur.

Nah, setelah mengetahui hal-hal tersebut, semoga Gilmoters juga jadi makin rajin untuk melakukan servis rutin motornya. Biar tunggangan kesayangan panjang umur.