Yamaha R25 2018
0
197

Test Ride Yamaha R25: Motor Anteng di Jalan Lurus

GilaMotor.com – Sempat muncul perasaan khawatir test ride kali ini nggak berjalan lancar. Cuaca di Sirkuit Sentul yang pada siang itu dihiasi awan mendung jadi alasannya. Padahal, semua terlihat sudah siap.

Sejumlah unit Yamaha R25 baru terlihat berjejer di pinggir paddock. Racing suit beserta kelengkapan balap lainnya juga telah disediakan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Tinggal pakai, lalu gas sepuasnya.

(Baca juga: Rujukan Modifikasi Yamaha R25 Pakai Aksesori Resmi Pabrikan)

Namun, kami masih perlu menunggu giliran karena test ride dibagi ke dalam beberapa grup. “Semoga nggak sampai hujan,” gumam Bang Gilmot dalam hati.

Siang itu, Kamis (8/10) Bang Gilmot dan jurnalis serta blogger otomotif mendapat kesempatan untuk merasakan langsung performa versi terbaru Yamaha R25. Jagoan Yamaha Indonesia untuk bermain di segmen motor sport fairing 250cc.

Yamaha R25 2018

Akhirnya, giliran itu tiba dan kami menggeber Yamaha R25 di sirkuit yang sebagian kecil lintasannya dipoles aspal baru itu. Performa impresif motor ini sangat terasa saat melahap lintasan lurus.

Motor terasa anteng banget waktu Bang Gilmot melaju dari R11 menuju R1. Bagian Sirkuit dengan lintasan lurus paling panjang. Kecepatan 150 km perjam, bahkan lebih bukan mustahil ditembus di bagian sirkuit yang bersebrangan tepat dengan paddock ini.

Yamaha R25 baru stabil. Singkat cerita, produsen memang menaruh effort lebih untuk membuat desainnya agar memiliki aerodinamika yang bagus. Bahkan, Minoru Morimoto, Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengklaim upaya menciptakan aerodinamika R25 baru ini punya efek meningkatnya kecepatan puncak.

Kalau menengok wajah depan Yamaha R25 terbaru, terlihat desain yang sederhana, namun tetap sporti. Terdapat lubang angin besar yang disebut M1-Duck, diambil dari milik Yamaha YZR-M1.

Hal lain yang juga berpengaruh saat Yamaha R25 diajak kebut-kebutan pastinya adalah sektor kaki-kaki. Di mana pada versi terbaru ini sudah dilengkapi suspensi up side down di depan.

Sementara bannya menggunakan ukuran ideal untuk motor di kelasnya, 110/17 untuk depan dan 140/17 untuk belakang. Ban tersebut membungkus pelek aluminum alloy.

Nilai plus dari Yamaha R25 ini mungkin bisa memikat para calon konsumennya yang datang dari kalangan penyuka kecepatan. Terlepas dari masih menempelnya mesin yang sama dengan versi sebelumnya.