Foto: Moto Gateaway
1
573

Trik Aman Naik Motor Boncengan

GilaMotor.com – Saat kalian sudah mulai bisa mengendarai motor tentunya memiliki keinginan untuk berboncengan dengan teman atau gebetan kan? Untuk itu kalian harus mengetahui trik aman dalam berboncenga agar mendapatkan kenyamanan dan keamanan salam berkendara, Gilmoters.

Saat ini banyak dari pengendara baru yang langsung berboncengan tanpa memikirkan nyawa orang lain, tak jarang pengendara atau pembonceng tidak mengetahui cara yang aman dalam berboncengan. Yang mereka ketahui hanyalah naik motor dan tiba di lokasi, padahal ada beberapa hal yang patut diperhatikan oleh pengendara dan boncenger.

(Baca juga: Touring Suzuki GSX150 Bandit Warnai Jalanan Bali)

Pertama, gunakan kelengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu ya. Nah buat Gilmoters yang bawa motor, harus sadar dengan tanggung jawab keselamatan selama berboncengan. Tak lupa juga untuk taati peraturan lalu lintas dan jangan ugal-ugalan.

Kedua yaitu kesadaran dalam mengendarai sepeda motor, untuk itu sepeda motor hanya bisa membawa dua orang dan didesain dari sepedda motor bukanlah sebagai alat pengangkut barang Gilmoters.

Ketiga, bagi kalian para pembonceng untuk lebih dulu memilih pengendara yang sudah berpengalaman. Pasalnya pengendara yang baru bisa menggunakan motor tentunya akan kaku di saat harus berboncengan, apalagi saat bersama gebetan biasanya kalian ingin pamera skill di depannya.

Keempat, pembonceng bersikap netral saat berada di atas motor. Contohnya, ketika pengendara berbelok ke kanan, boncengers haruss mengikutinya, bukan malah melawan dari gerak pengendara.

Kelima, tekanan angin ban bukan hanya kalian perhatikan saat berboncengan. Pasalnya ban yang kempes tentunya akan semakin membuat tarikan motor menjadi berat, ditambah lagi kalian harus berboncengan. Otomatis bobotakan semakin bertambah berat Gilmoters.

Keenam, pembonceng juga harus taat aturan seperti pegang pinggang pengendara dan lutut menjepit ringan agar dapat mengikuti gerakan pengendara sehingga memudahkan kontrol motor. Ikuti gerakan teman yang mengendarai motor dan hindari berpegangan behel belakang karena berbahaya Gilmoters.

Ketujuh, membonceng dengan posisi miring. Biasa terlihat saat wanita menggunaan rok, dalam menggunakan pakaian saja sudah tidak aman untuk menggunakan motor loh Gilmoters. Tentunya motor akan jadi berat sebelah dan menyulitkan dalam pengendaliannya. Selain rok kalian harus menghindari juga pakaian berumbai agar tidak tersangkut kebagian roda atau rantai.

Jika Gilmoters ingin berboncengan tentunya harus memenuhi cara yang aman, saat kalian tidak merasa aman dengan pakaian dan syarat-syaratnya lebih baik memilih kendaraan lainnya.

1 COMMENT