Foto: Young Choppers
1
900

5 Faktor Penentu Usia Aki Motor

Gilamotor.com – Kelistrikan pada sepeda motor tentunya menjadi bagian penting yang harus kalian perhatikan, pasalnya jika kelistrikan tidak sehat pastinya akan mengganggu kegiatan kalian dalam berkendara. Aki menjadi bagian untuk yang sangat penting dalam hal kelistrikan motor Gilmoters.

Di saat kalian membeli aki tentunya keunggulan bebas perawatan dan tahan lama menjadi bumbu manis para pedagang, namun di samping itu kalian juga harus mengetahui faktor lain yang menentukan aki tersebut dapat bekerja maksimal.

Pertama di saat kalian memasang aki, pastikan kabel min dan plus dalam kondisi baik. Jika terdapat karat pada soket harus lebih dulu dibersihkan guna memaksimalkan aliran listrik dari aki ke kabel.

Kedua, saat pemilihan aki. Sangat disarankan sebelum membeli ada baiknya membaca buku pedoman guna mendapatkan aki yang sessuai kebutuhan motor kalian.

Ketiga, perawatan aki. Pastikan komponen komponen pada aki dalam keadaan bersih dan berfungsi baik.

Keempat, penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan. Tak jarang Gilmoters masih ada yang menggunakan aksesori lampu serta aksesori elektronik lainnya. Hal in yang membuat beban aki semakin banyak sehingga aki tidak pernah terisi penuh dan hal ini yang membuat sel sel aki rontok dan tidak mampu menyimpan listrik kembali.

Kelima, karakter pemakaian. Ketika motor dinyalakan menggunakan starter elektrik, maka listrik dari aki berkurang (discharge). Sehingga lama penggunaan sepeda motor akan menentukan pengisian listrik aki kembali (charge).

Lima faktor ini yang menjadi usia aki motor kalian Gilmoters, tentunya perawatan menjadi yang utama jika ingin aki bekerja maksimal.

1 COMMENT