Pemotor melintasi rute menuju Ciletuh Geopark. | Foto: GilaMotor.com
0
504

5 Persiapan Penting Sebelum Jalani Touring Akhir Tahun

Gilamotor.com – Untuk kalian yang suka melakukan perjalanan jauh atau biasa dikenal dengan touring tentunya sudah memiliki rencana untuk melakukan perjalanan akhir tahun kan? jika Gilmoters masih merencanakan, Bang Gilmot mau berbagi tips nih untuk kalian.

Diakhir tahun 2018 ada dua momen besar yang tentunya bisa kalian manfaatkan untuk touring, pertama libur hari Raya Natal dan libur pergantian tahun. Nah untuk mendapatkan keamanan dalam perjalanan dan pekerjaan simak tips dari Bang Gilmot:

(Baca juga: 5 Faktor Penentu Usia Aki Motor)

Atur Cuti

Jika kalian masih memiliki cuti tanggal tepat untuk cuti adalah 26, 27 dan 28, karen biasanya beberapa kantor akan melakukan cuti bersama di tanggal 24 dan 31. Dengan begitu kalian memiliki waktu libur panjang hingga pergantian tahun 2019.

Persiapkan Motor

Lakukan perawatan rutin seperti penggantian oli, cek busi, service, sekaligus pengecekan beberapa bagian mulai dari kaki kaki hingga kelistrikan.

Pastikan motor dalam keadaan aman untuk digunakan dalam perjalanan jauh 3 hari sebelum keberangkatan. Jika terjadi sesuatu hal yang belum beres kalian masih memiliki waktu 3 hari untuk menyelesaikannya.

Lengkapi Apparel

Apparel menjadi hal penting dalam berkendara, mulai dari jaket, helm, glove, sepatu. Tentunya kalian mengetahui kebutuhan apparel yang nyaman untuk kalian gunakan, Saran dari bang Gilmot sih untuk helm gunaan full face, sepatu yang menutupi mata kaki, jaket yang mampu melindungi dari cuaca panas dan dingin, dan glove yang menutupi semua jari tangan.

Tentukan Jalur

Gilmoters harus lebih dulu menentukan lokasi yang akan kalian kunjungi, setelah itu kalian bisa memanfaatkan aplikasi peta untuk menentukan perjalanan dan titik rest, usahakan disetiap dua jam untuk beristirahat.

Persiapkan Barang Bawaan

Janganlah terlalu banyak dalam membawa barang bawaan apalagi jika kalian berboncengan, untuk meletakan barang pada motor Gilmoters bisa memanfaatkan top boks dan side boks. Barang yang wajib kalian bawa diantaranya tool kit, pakaian ganti, obat obatan, jas hujan, kamera, carger, powerbank dan perlengkapan lainnya.

Dalam mempersiapkan barang bawan tentunya kalian harus menyesuaikan tujuan perjalanan dan dimana kalian akan bermalam, dengan begitu perjalanan akan nyaman.

Dan yang terakhir adalah uang, Gilmoters jangan hanya mempersiapkan uang di ATM melainkan juga uang dalam bentuk cash. Jika semua sudah dipersiapkan dengan baik tentunya touring kalian akan aman san jangan lupa untuk menyimpan moment selama perjalanan untuk di upload di media sosial usai perjalanan touring.