0
1042

Asal Muasal Logo Sayap Mengepak di Motor Honda

GilaMotor.com – Honda berhasil menjadi penguasa pasar sepeda motor di Indonesia. Baik nama ataupun logonya bisa jadi sudah nggak asing lagi buat masyarakat. Namun, tahukah kamu bagaimana sejarah lahirnya logo sayap mengepak Honda?

Di Indonesia nama Honda dikenal sebagai merek sepeda motor dan mobil. Untuk mobil, logo yang dipakai adalah modifikasi huruf “H” yang secara tegas mewakili inisial nama merek itu sendiri. Namun untuk sepeda motor, logo yang dipakai adalah gampar sayap mengepak yang buat Bang Gilmot pribadi cukup bikin penasaran.

Setelah ngulik beberapa sumber di internet, ketemulah sejarah atau alasan mengapa Honda menggunakan logo ini untuk produk sepeda motornya. Pendiri perusahaan Soichiro Honda memutuskan untuk menggunakan logo ini dengan insipirasi yang diambil dari salah satu dewa dalam mitologi Yunani. Informasi ini Bang Gilmot dapat dari situs motorcycle-logos.com.

Adapun dewa yang dimaksud bernama Nike yang merupakan dewa kemenangan. Dengan adaptasi ini Soichiro Honda bercita-cita perusahaannya bisa selalu meraih kesuksesan dan mencapai target-targetnya, meski dalam perjalanannya menemui kesulitan.

Seiring perjalanan waktu, logo tersebut mengalami perubahan-perubahan desain, terutama pada masa-masa awal penggunaannya. Lalu, pada tahun 1948 Honda kembali mendesain ulang logonya. Masih menggunakan unsur utama berupa sayap, namun kali ini milik dewa dari mitologi Roma kuno bernama Victoria.

Logo tersebut terus mengalami evolusi. Mulai dari modifikasi warna hingga bentuk-bentuknya. Namun begitu, gambar sayap selalu mendominasi logo Honda hingga sekarang.