0
6005

Bikin Motor Matic Bekas Irit dan Bertenaga Kayak Baru

GilaMotor.com – Mungkin Gilmoters baru saja meminang sebuah motor matic bekas dan merasa tarikannya loyo atau boros bensin. Bisa jadi itu hanya perasaan Gilmoters saja. Tapi di lain sisi bisa juga performa motor tersebut memang tak lagi maksimal seperti saat dalam kondisi baru.

Untuk itu nggak ada salahnya kalau kalian melakukan beberapa langkah ini yang bisa bikin motor bekas kembali irit dan bertenaga.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah mengecek kondisi sistem pasokan bahan bakarnya. Bila motor matic yang Gilmoters pinang sudah mengadopsi teknologi injeksi, seharusnya konsumsi bahan bakar nggak jadi masalah. Karena motor-motor injeksi terkenal akan kehematannya.

Namun lain cerita jika motor matic-nya masih menggunakan karburator. Kita perlu melakukan perawatan secara rutin biar konsumsi bahan bakar selalu ideal.

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan untuk bikin motor matic bekas irit dan bertenaga adalah menggunakan oli atau pelumas mesin yang tepat. Hal ini sangat penting mengingat fungsi pelumas yang berguna untuk melindungi, melumasi, dan mendinginkan mesin. Jika kondisi pelumas sudah ngedrop, maka kerja mesin nggak maksimal dan bisa membahayakan.

Faktor lainnya yang juga bisa membantu motor matic bekas jadi irit adalah tekanan angin ban yang ideal. Dengan begitu bidang kontak antara permukaan ban dan aspal ideal. Nggak terlalu banyak, juga nggak kurang. Tekanan angin ban juga ada kaitannya sama tarikan lho, Gilmoters.

Meski nggak menambah tenaga motor, tapi motor yang tekanan angin bannya pas bakal lebih enteng diajak lari.