Photo: Gilamotor.com
0
872

Cara Mudah Usir Bunyi “Mistis” Honda Vario 125 eSP dan 150 eSP

Gilamotor.com – Pernahkan Gilmoters menemukan suara-suara aneh dari motor yang ditunggangi? Tak jelas asalnya, namun kemunculannya cukup menggangu. Suara “mistis” ini juga kerap ditemui pengguna Honda Vario 125 eSP dan 150 eSP.

Gilmoters pemilik skutik ini juga pernah mengalami hal yang sama? Nggak perlu khawatir karena dengan sedikit penelusuran, bisa ditemui sumber suaranya. Suara yang kerap muncul saat motor diajak jalan 20-30 km/jam ini berasal dari hugger yang bergetar.

Gilmoters tidak usah risau pasalnya ada cara mudah untuk meminimalisir getaran pada hugger yang terbagi menjadi dua bagian.

(Baca juga: Harley-Davidson Custom Ini Dilabur Cat Bercorak Budaya Kampung Pagar Alam)

“Pada Honda Vario 125 eSP dan 150 eSP terdapat dua bagian, yang pertama berfungsi sebagai spakbor dan yang satunya untuk penutup agar kotoran tidak mengotori sekeliling injection. Getaran ini timbul karena penguncinya tidak tepat, bisa jadi juga pengunci yang patah atau bisa karena baut yang tidak kencang atau kendor,” ujar Sumarno, Service Advisor AHHAS Serimpi.

Solusinya cukup mudah ko Gilmoters,

Pertama kalian cukup menjaga kebersihan di setiap bagian motor, pasalnya di bagian hugger belakang rawan akan tempat berkumpulnya pasir dari jalan.

Kedua adalah melakukan pengencangan pada satu baut yang terletak disisi kanan hugger, namun kalian harus lebih dulu meletakkan pengunci pada lubang lubang yang tepat.

Cara terakhir adalah dengan menggunakan double tip di beberapa bagian, Gilmoters. Pasalnya sewaktu-waktu bagian ini akan harus kembali dibuka saat service motor loh.

Bagaimana mudahkan Gilmoters, satu pesan Bang Gilmot saat kalian melakukan pencucian, bagian hugger bisa disiram menggunakan air bertekanan tinggi untuk menghilangkan pasir pasir jalanan.