Pemandangan yang tersaji di jalan menuju Ciletuh Geopark. | Foto: GilaMotor.com
0
273

Destinasi Wisata Touring di Sukabumi

Gilamotor.com – Jawa Barat memiliki obyek wisata yang komplit Gilmoters. Mulai dari pegunungan hingga pantai, ditambah lagi yang disajikan cukup beragam dan cocok untuk touring jangka waktu pendek.

Jawa Barat di Wilayah Sukabumi saja ada banyak destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi, untuk urusan harga tiket dan makan di sana terbilang normal Gilmoters. Untuk kalian yang tengah bersiap pergi liburan bisa mendatangi obyek wisata di Sukabumi nih.

(Baca juga: Pengguna Yamaha Lexi Kini Punya Komunitas)

Bukit Karang Para

Bukit Karang Para terletak di Desa Kebun Manggu, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Di lokasi ini kalian bisa menikmati keindahan pedesaan dari ketinggian sambil mendokumentasikan nya. Pengelola bukit ini menyediakan beberapa jembatan kayu yang menjorok ke tepi jurang dan beberapa platform untuk foto lainnya.

Jalur yang harus kalian lewati ambil jalur lingkar selatan ke arah Pelabuhan Ratu. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke Jalan Pelabuhan Ratu II dan berhenti di kawasan Gunung Guruh. Sunset di lokasi ini terbilang bagus loh Gilmoters, harga tiket massuk dan parkir kendaraan sekitar Rp2.000-3.000 ditambah dengan parkir per kendaraan Rp5.000.

Curug Awang

Salah satu curug terbaik yang ada di Sukabumi adalah Curug Awang yang kerap dijuluki sebagai Air Terjun Niagara versi mini. Curug ini membentang dari ujung tebing ke tebing lain dan memiliki ketinggian hingga 40 meter dari permukaan tanah. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke lokasi ini disaat musim hujan seperti sekarang ini Gilmoters.

Lokasi tepatnya terletak di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Harga tiket masuk cukup membayar ke area curug seharga Rp3.000 dan parkir sekitar Rp3.000-5.000.

Kawah Ratu

Gilmoters yang ingin datang dan menikmati keindahan dari Kawah Ratu disarankan untuk memilih jalur yang tepat. Untuk bisa ke kawah ini ada tiga rute yang bisa dipilih, pertama adalah trek sepanjang 3,5 km melalui Gunung Bunder. Lalu sejauh 5 km melalui Curug Seribu, dan yang terakhir adalah sejauh 4,5 km dari bumi perkemahan Cidahu-Sukabumi.

Waktu tempuh ke kawasan ini sekitar 3-5 jam tergantung dengan kecepatan pendakian dan banyaknya istirahat. Kalau Anda ingin naik ke atas, disarankan untuk menyewa pemandu agar tidak tersesat. Tarifnya bervariasi dan tergantung dengan negosiasi yang kalian lakukan. Selanjutnya tarif masuk ke Kawah Ratu hanya Rp7.500 saja.

Curug Cikaso

Curug Cikaso menawarkan 3 pemandangan, pertama adalah warna airnya yang jernih dan berwarna kebiru-biruan jika dilihat dari kejauhan. Selanjutnya curug yang berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini memiliki 3 air terjun.

Dalam satu lokasi yang berdekatan yaitu Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki yang memiliki ketinggian sama. Terakhir adalah berenang di sungai yang jernih. Tarif masuk ke tempat wisata di Sukabumi ini adalah Rp3.000 per orang dan dan parkir per kendaraan biayanya Rp6.000.

Curug Cigangsa

Curug Cigangsa yang terletak di Area Geopark Cileteuh Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini menawarkan pesona air terjun yang unik. Kalian bisa menyaksikan air terjun yang memiliki tiga buah tingkatan.

Tarif masuk ke tempat wisata di Sukabumi ini hanya Rp3.000 dan parkirnya Rp12.000. Jalur yang bisa kalian lewati dengan mengikuti jalan Terminal Alun-alun dan Bundaran Alun-alun. Selanjutnya Anda cukup mengikuti arah yang ada hingga sampai ke kawasan Curug Cigangsa.

Gua Buniayu

Gua Buniayu dianggap sebagai gua dengan struktur terbaik di kawasan Asia Tenggara. Untuk berkeliling Gilmoters akan dipinjami beberapa peralatan terbaik agar keselamatannya terjaga selama menjelajahi bagian dalam dari gua yang sangat gelap. Gua Buniayu buka setiap hari mulai pukul 08.00 dan tutup pada pukul 22.00 dengan tiket masuk seharga Rp15.000 per orang

Kampung Ciptagelar

Sukabumi memiliki kampung adat yang menjaga keaslian dari bangunan dan juga budayanya selama ratusan tahun. Cocok banget untuk Gilmoters yang ingin menikmati kearifan lokal, lokasinya di Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Gilmoters bisa melihat bangunan kuno, aktivitas penduduk yang masih menjaga nilai leluhur, dan keramahan yang sulit ditemui.

Untuk saat ini saran Bang Gilmot, hindari obyek pantai ya Gilmoters. Pasalnya beberapa waktu lalu Gunung anak Krakatau sedang aktif dan dapat mengakibatkan bencana susulan. Tetap berhati hati dan waspada disaat liburan ya Gilmoters.