0
11511

Jurus Dongkrak Top Speed Motor Matic

GilaMotor.com – Gilmoters punya motor matic dan ingin menambah top speed-nya? Ada sejumlah cara yang bisa kalian lakukan, salah satunya dengan mengganti roller. Untuk lebih jelasnya, kita coba bahas satu persatu ya.

Mengganti roller memang bukan hal baru bagi pemilik motor matic. Cara ini kerap diambil untuk mendapatkan tarikan motor yang diinginkan.

Roller motor matic itu sendiri merupakan bagian dari sistem penggerak CVT (Continuously Variable Transmission) yang terdiri dari puli, v-belt, dan kampas ganda. Kehadiran komponen-komponen ini di motor matic menggantikan fungsi transmisi dan kopling.

Mengganti roller motor matic bisa ngasih dua pengaruh. Pertama, bikin top speed nambah. Kedua, bikin tarikan jadi enteng. Perumpamaannya mirip kayak ganti ukuran gir pada sepeda motor yang menggunakan rantai.

Menganganti roller motor matic untuk tambah top speed

Untuk menambah top speed motor matic maka Gilmoters perlu mengganti roller dengan yang bobotnya lebih berat dibanding standar. Sedangkan, untuk bikin tarikan jadi lebih enteng diperlukan roller dengan ukuran lebih ringan.

Untuk itu Gilmoters perlu cari tahu dulu bobot roller standar motor kalian. Beberapa motor skutik yang populer di pasaran, seperti Honda Vario menggunakan roller 12 gram. Kemudian kalau untuk Yamaha Mio bobot roller-nya ada yang 9,5 gram atau 10 gram.

Sebagai gantinya di pasaran kalian bisa menemukan berbagai roller motor matic aftermarket dari berbagai merek dan harga yang variatif. Namun sebagai gambaran, roller Kawahara sebagai merek yang lumayan banyak dicari dijual mulai dari Rp80 ribuan sampai Rp160 ribu satu set (enam buah roller).