Motor Matic Yamaha FreeGo
0
842

Langkah Membeli Motor Skutik Bekas

Gilamotor.com – Banyak hal yang menjadi pertimbangan saat Gilmoters membeli skutik bekas. Mulai dari harga skutik baru yang terus meroket, hingga tidak ingin berurusan dengan leasing atau perusahaan kredit.

Walaupun begitu Gilmoters harus cerdas dalam memilih motor bekas, mulai dari usia yang masih muda dan kilometer yang masih jarak pendek. Berikut langkah-langkah pembelian motor sutik bekas.

(Baca juga: Sepatu, Alas Kaki yang Tepat untuk Berkendara Saat Musim Hujan)

Bodi Motor

Cek kondisi bodi motor seluruh bagian, terkadang karena minimnya perawatan dan penggunaan yang ekstra, bodi motor akan kusam dan baret.

Surat kendaraan

Dengan melihat surat surat kenddaraan kalian bisa memperhitungkan beberaa hal yang nantinya harus kalian sisihkan uang untuk pembelian onderdil mesin, CVT, Pajak tahunan. Tak lupa juga untuk memerikssa kesmaan nomer mesin dan rangka dengan nomer yang ada di STNK.

Cek Kilometer

Jangan lupa periksa jarak tempuhnya pada spidometer. Bila motor baru berusia sekitar 2 tahun, tapi kilometernya sudah lebih dari 25.000 ke atas, termasuk motor yang rutin digunakan keseharian.

Mesin

Periksa kodisi mesin, apakah ada rembesan oli. Jika banyak rembesan oli bisa dibilang kondisi mesin motor tidak baik. Dan usahakan mendapatkan motor dalam kondisi standart. Cek juga bagian CVT, bila terdengar suara berisik, kemungkinaan ada onderdil yang sudah masuk masa perawatan atau penggantian.

Suspensi

Cek bagian suspensi depan dan belakang, Kalau ada kebocoran oli pada sok depan maupun belakang, berarti kinerjanya juga kurang maksimal.

Bagian Roda

Cek bagian klaher roda dengan cara diputar ke depan dan belakang, nantinya bisa terlihat pelek motor ini oleng atau tidak.