0
1481

Terjatuh dari Motor? Jangan Panik, Hal Ini Yang Harus Kalian Lakukan

Gilamotor.com – Terjatuh dari motor pastinya sangat menyakitkan Gilmoters, ditambah lagi jika kalian jatuh karena kesalahan kalian sendiri. Selain sakit pastinya akan malu sama orang di sekitar lokasi tempat kalian terjatuh. Semoga tidak terjadi ya Gilmoters.

Namun jika hal ini menimpa kalian saat berkendara, satu hal yang harus kalian ingat adalah jangan panik. Beberapa hal yang harus kalian lakukan seperti yang Bang Gilmot kutip dari web Suzuki:

Cek kondisi diri sendiri

Pertamana kalian harus memastikan kondisi diri kalian, cek badan Anda apakah ada yang sakit, luka, atau bahkan ada yang hilang. Hal ini perlu dilakukan karena pada saat jatuh, korban sering tak sadar ketika tubuh merasakan sakit. Indikasinya, begitu tubuh kita bangun lalu merasa ada yang ngilu dan tidak bisa bergerak apalagi ada bagian tubuh yang mati rasa, maka jangan dipaksa.

Menjauh dari TKP

Jika kondisi badan kalian baik baik saja maka menjauhlah dari TKP, pasalnya motor mempunyai daya listrik dan dikhawatirkan bisa meledak. Lebih baik lagi jika kita terlebih dahulu mematikan mesin dan mencabut kuncinya. Kadang jika kunci masih ON, otomatis ada listrik, jadi itu juga mengurangi risiko meledak. Ditambah lagi jika bensin ikut mengalir keluar dan dapat membuat api menjalar.

Bangunkan motor

Jika tubuh masih dalam kondisi baik, kalian bisa mendirikan motor serta bawa ke pinggir jalan. Cek apakah motor Anda masih bisa nyala atau tidak, apakah kemudinya masih berfungsi, dan seberapa parah kerusakannya yang diamali motor Anda.

Hubungi teman

Kalian bisa menghubungi teman terdekat untuk membantu, atau kalian bisa menghubungi keluarga. Kalaupun hal ini masih bisa kalian atasi sendiri tentunya memberi kabar ke keluarga tidak ada salahnya Gilmoters.