0
1016

Biar Nggak Sia-sia, Jangan Salah dalam Melumasi Rantai Motor

Gilamotor.com – Melumasi rantai mesti Gilmoters lakukan saat rantai terasa kering atau berisik. Namun, jangan salah dalam melakukannya karena bisa kantong kalian jebol, Gilmoters.

Hal yang sering terjadi atau menjadi kebiasaan adalah pelumasan rantai pada bagian roller, dan ternyata cara ini tidak efektif untuk kantong Gilmoters.

“Biasanya para pengguna motor, menyemprotkan chain lube ke bagian rollernya. Padahal bukan bagian itu yang seharusnya di semprot,” ucap Dedy, salah satu mekanik Home Service TVS (Dewi Sartika).

Rantai memiliki 5 bagian di antaranya plat luar, plat dalam, pin, roller dan bos (bushing). Dari kelima bagian ini plat dalam dan plat luar yang seharunya Gilmoters lumasi.

“Menyemprotkan cukup di bagian kanan kiri saja, karena kalau roller yang dilumasi, pastinya akan terbuang sia-sia. Beda halnya kalau bagian plat kanan kiri, pasti akan tersebar merata ke semua bagian yang bergerak di bagian rantai,” tambah Dedy.

Dengan begitu rantai bisa kembali bekerja dengan baik dan Gilmoters tidak akan terus terusan membeli pelumas rantai deh.