Tips Naik Motor Musim Hujan
0
723

DAM Bagi-bagi Tips Rawat Motor Saat Musim Hujan

Gilamotor.com – Di musim hujan bukan hanya kondisi tubuh yang harus kalian perhatikan, Gilmoters. Sepeda motor yang kalian gunakan setiap hari juga wajib diperhatikan agar tetap prima dan awet. Pasalnya kandungan air hujan yang menempel di motor terbilang tidak ramah pada beberapa bagian.

PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku main dealer sepeda motor honda di Jawa Barat, ikut berbagi tips bagi pengendara motor ketika memasuki musim penghujan, Gilmoters.

(Baca juga: Jangan Salah dalam Memilih Ban Motor Matic)

Ban

Ban menjadi salah satu bagian terpenting, usahakan kondisi ban dalam keadaan tidak habis. Pasalnya ban dengan kondisi tidak baik akan mengurangi daya cengkaram, Gilmoters. “Pastikan tekanan ban selalu dalam kondisi standar untuk memaksimalkan daya cengkram ban terhadap jalan raya,” ujar Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training DAM.

Di saat Gilmoters melakukan modifikasi ban jangan berlebihan atau kurang dari ukuran standar motor. Tentunya masih banyak dari pengguna motor yang menggunakan ban cacing atau ban berukuran kecil.

Ukuran standar tekanan ban dapat dilihat pada dek motor untuk motor jenis skutik. Sementara pada motor jenis sport dan bebek ukuran tertera pada swing arm.

Cangklong Busi

Berfungsi sebagai pengantar arus listrik dari koil ke busi, cangklong busi juga harus masuk list perawatan Gilmoters. Jika karet atau seal cup supressor dalam kondisi kurang baik, maka busi akan korsleting jika sepeda motor dipakai dalam kondisi hujan terlebih jika cub supressor terkena air hujan.

Pengengecekan busi

Rantai

Cek kondisi rantai secara berkala, bersihkan dan Gilmoters bisa berikan pelumas rantai dengan oli SAE 80-90 dikarenakan air hujan mengandung zat asam yang tinggi. Jika rantai dibiarkan tanpa pelumasan secara teratur, maka mengakibatkan akan cepat keropos dan karat.

Cara Membersihkan Rantai Motor. Foto: Shutterstock

Cuci Sepeda Motor

Gilmoters harus ekstra dalam mencuci motor, namun bukan berarti boros. Minimal Gilmoters membilasnya dengan air mengalir, agar cover-cover, pelek, frame dan lain-lainnya yang ada pada sepeda motor tidak terjadi perubahan warna dan pemburukan lainnya. “Mencuci motor yang terkena air hujan dengan air bersih dapat bermanfaat untuk mencegah timbulnya karat pada sepeda motor,” tambah Ade.

Perlu diperhatikan untuk sepeda motor tipe sport untuk berhati-hati ketika melakukan cuci motor dengan steam atau tekanan tinggi karena ketika air di semprotkan ke bagian fuel tank ada uap air yang akan masuk melalui fuel tank cap atau tutup tanki. Hal ini akan mengakibatkan fuel tank keropos atau berkarat di bagian dalam.

Lampu LED

Berfungsi sebagai penerang jalan arah cahaya lampu berada dalam posisi normal sebaiknya arah cahaya lampu depan dibuat lebih mengarah ke bawah agar pencahayaan lampu menjadi lebih maksimal ketika digunakan dalam kondisi hujan.

Dengan begitu Gilmoters akan menerima pantulan cahaya lampu dari cermin yang terbentuk oleh rintikan hujan sehingga pengendara akan mengalami penurunan penglihatan ke jalan pada saat terjadi hujan.

Tips Lampu Vario

Service Berkala

Lakukan pemeriksaan rutin di bengkel resmi atau bengkel yang Gilmoters percaya untuk perawatan berkala. “Ini merupakan hal utama yang harus dilakukan untuk memastikan kendaraan anda tetap prima saat dikendarai dan menghadapi musim hujan,” tutup Ade.


Dengan melakukan perawatan ini tentunya motor kalian akan tetap prima dan awet. Namun Gilmoters wajib menghindari genangan air, pastikan genangan air yang dilewati tidak mencapai ketinggian lubang filter udara.

Jika filter udara kemasukan air maka mesin akan terjadi fenomena water hammer dengan risiko seperti mogok, blok mesin retak, piston pecah, stang seher bengkok dan komponen utama mesin juga akan mengalami kerusakan.

Khusus untuk sepeda motor type matic yang tidak menggunakan penggerak rantai dan gigi, sebaiknya lakukan pemeriksaan serta penggantian suku cadang secara berkala.