0
833

Desain Skutik Honda Curi Perhatian Konsumen Asia

Gilamotor.com – PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil mencatat jumlah ekspor hingga 94% dari jumlah tahun sebelumnya Gilmoters. Pengiriman ekspor secara CBU tersebar di negara Filipina dan Bangladesh. Sedangkan dalam bentuk CKD, produk sepeda motor karya anak bangsa sudah dikirim kenegara Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja.

Selama tahun 2018 AHM berhasil ekspor 60.308 unit Honda Vario series baik secara utuh (CBU/Completely Built Up) dan terurai (CKD/Completely Knocked Down). Sementara pada periode yang sama 2017, AHM melakukan pengiriman ke luar negeri hanya 31.008 unit Honda Vario series.

(Baca juga: Ducati Diavel 1260 2019 Punya Tampang Sangar Abis)

AHM bukan hanya melakukan produk ekspor utuk tipe skutik aja, Gilmoters. Namun AHM juga melakukan ekspor Honda BeAT series, Supra GTR150, Honda Blade, Honda Sonic 150, Honda CRF, Honda CBR series dan Honda CB150R Streetfire. Namun pasar Asia lebih memilih tipe skutik dari pada tipe cub dan sport.

Model skutik memberikan sumbangsih ekspor 193.958 unit sedangkan ekspor tipe motor bebek tercatat sebanyak 168.927 unit, dan tipe sport 39.217 unit.

Kurniawati Slamet, General Manager Overseas Business Division AHM mengatakan, “Salah satunya Honda Vario series yang tidak hanya disukai di dalam negeri tapi juga di pasar ekspor. Pencapaian 2018 ini akan mendorong kami untuk meningkatkan ekspor di tahun ini dengan modal utama model-model berkualitas karya anak bangsa”.

Ternyata penikmat motor skutik bukan hanya terjadi di Indonesia, di luar negeri juga mengalami hal yang sama terutama Asia Gilmoters.