0
433

Deteksi kode Kerusakan Motor Injeksi Honda

Gilamotor.com – Sistem injeksi bisa dikategorikan free maintenance lho Gilmoters. Walau begitu kinerjanya tetap perlu dikontrol. Jangan sampai indikator MIL (Malfunction indicator Light) menyala pada speedometer dan kita tidak tahu artinya. Apabila terus dibiarkan maka akibatnya fatal.

(Baca juga: Solusi Masalah Rem Motor Mengeluarkan Bunyi Berdecit)

Bila motor dalam keadaan baik, ketika kunci diposisikan ON maka semua lampu indikator di speedometer akan menyala sekitar 3 detik. Dan setelah itu akan padam dan menyisakan lampu transmisi netral saja yang menyala, dan jika lampu indikator injection-nya tidak mati, lalu berkedip-kedip berarti ada masalah dengan system injeksi motor Honda kalian.

Untuk membaca kedipan lampu indikator ada dua cara, yaitu kedipan panjang dan kedipan pendek. Jika ditemukan kedipan pendek sebanyak 7 kali maka nilai MIL nya adalah 7 (tujuh). Jika ditemukan kedipan panjang 1 kali + 2 kali kedipan pendek maka nilai MIL nya adalah 12 (duabelas). Untuk mengartikan error sistem antara satu dengan berikutnya ada jeda kurang lebih 3-5 detik.

Berikut kode kerusakan motor injeksi Honda yang dikabarkan oleh MIL :
Kedipan 1 = Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
Kedipan 7 = Sensor EOT/ECT (Engine Oil /Coolant Temperature)
Kedipan 8 = Sensor TP (Throttle Position)
Kedipan 9 = Sensor IAT (Intake Air Temperature)
Kedipan 12 = Sensor Injektor
Kedipan 21 = Sensor O2 – Oxigen sensor
Kedipan 29 = Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
Kedipan 33 = ECM (Engine Control Module)
Kedipan 54 = Sensor BAS (Bank Angle Sensor)

MIL di atas berlaku untuk semua sepeda motor Honda yang sudah mengaplikasi sistem injeksi untuk suplai bahan bakarnya Gilmoters. Jadi kalian sudah paham kan dengan kode kerusakan motor injeksi Honda.