0
766

Di Jepang Honda PCX Listrik Disewakan, Bagaimana dengan di Indonesia?

Gilamotor.com – PT Astra Honda Motor diprediksi akan kembali memperkenalkan motor baru yaitu skutik PCX EV untuk pasar Indonesia, Gilmoters. Sebelumnya Honda PCX EV sudah pernah tampil dalam ajang IMOS 2018 bersama dengan Honda PCX Hybrid.

PCX EV atau lebih dikenal dengan PCX listrik adalah skuter yang menggunakan teknologi motor listrik murni. Bukan lagi mengkonsumsi bensin melainkan tenaga listrik yang tersimpan pada baterai di dalam bagasi.

(Baca juga: BMW Motorrad X2City, Skuter Listrik Bebas Macet Buat Kaum Milenial)

Honda PCX sudah lebih dulu diperkenalkan di Jepang, jika melihat spesifikasi Honda PCX EV memiliki total tenaga 5,7 dk dengan tenaga dan torsi dikail dari motor berkode EF01M dengan output standar 0,98 kw. Setelah diolah optimal, tenaga di atas dengan torsi 18 Nm/500 rpm.

Menggunakan tenaga listrik, Honda PCX listrik dibekali dua baterai yang bernama Mobile Power Packs dengan masing-masing waktu pengisian 4 jam dengan metode mencopot baterai. Namun bila dilakukan dengan cara mencolok langsung ke motor bisa memakan waktu 6 jam.

Baterai Mobile Power Packs memiliki spesifikasi 50,4V/20.8 Ah. Dengan spesifikasi ini PCX listrik mampu menempuh jarak 41 km dalam kondisi penuh. Secara fitur tentunya tidak jauh berbeda dengan Honda PCX Hybrid dan PCX 150. Namun Gilmoters jangan berharap bisa medapatkan kapasitas bagasi yang besar pasalnya dua baterai terletak di bagasi bawah jok.

Jika melihat peluncuran PCX listrik saat ini rasanya selaras dengan program low carbon emmision vehicle (LCEV) yang sedang digodok pemerintah, Gilmoters.

Namun jika Bang Gilmot melansir dari Tribunnews.com bahwa motor ini akan direncanakan untuk disewakan dengan konsep B to B (Bussiness to bussiness) seperti halnya di Jepang Gilmoters. Dari sumber yang sama pun didapat informasi biaya sewa untuk Honda PCX listrik akan memakan biaya sewa Rp 2 juta / bulan.